Varietas adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Varietas. Varietas adalah kelompok tanaman dari spesies tertentu yang dapat dibedakan dari berdasarkan sifat atau karakteristiknya dan apabila di perbanyak tidak mengalami perubahan. Sifat atau karakteristik yang bisa membedakan satu varietas dengan varietas lain diantaranya adalah:

  • Bentuk marfologi,
  • Pertumbuhan tanaman,
  • Penampakan daun, bunga, buah dan biji
  • Ekspresi karakter (kombinasi genotipe)
Varietas dibedakan menjadi 2, yaitu:
  • Varietas Lokal 
    yaitu varietas yang telah ada dan di budidayakan oleh petani dalam kurun waktu yang lama secara terus menerus dan telah menjadi milik masyarakat serta di kuasai oleh Negara.
  • Varietas Unggul
    adalah galur hasil pemuliaan tanaman yang mempunyai satu atau lebih sifat unggul khusus seperti potensi hasil, ketahanan terhadap hama dan penyakit, mutu produk hasil atau sifat-sifat lainnya yang memiliki keunggulan di bandingkan varietas lain. 
Contoh Varietas Padi Tahan kering (Gogo) Mitalom
Secara Botani, Varietas di definiskan sebagai suatu populasi tanaman dalam suatu spesies yang menunjukan ciri berbeda dari jenisnya. Dalam ilmu botani varites menjadi suatu peringkat dalam taksonomi sekunder yang letaknya di bawah spesies. Penulisan nama varietas dicepatk miring dan di dahului dengan singakatan 'var.'. Contoh: Padi sawah varietas Indica = Oryza sativa var. indica.

Meski suatu varietas menunjukan penampilan yang berbeda dan khas dari varietas lain, tetapi mereka akan bersilang bebas dengan varietas lain di satu spesies.

Istilah Varietas dalam taksonomi hanya di kenal untuk klasifikasi tumbuhan sementara untuk dalam taksonomi hewan tingkatan yang sama dikenal dengan istilah 'subspesies' yang berada sati tingkat di bawah spesies.
Loading...