Permutasi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Permutasi. Permutasi adalah proses penyusunan kembali tata letak suatu objek dalam urutan yang berbeda dari urutan semula. 

Dalam KBBI, Permutasi didefinisikan sebagai  perbuatan atau proses mengubah letak urutan suatu benda atau objek atau angka. 

Dalam Matematika, Permutasi di artikan sebagai tindakan mengatur suatu objek ke dalam urutan atau jika urutan sudah diacak maka elemen yang diacak tesebut ditata ulang kembali. 


Contoh permutasi dalam matematika yang paling sederhana sebagai berikut;
Soal: Ada berapa permutasi dari himpunan {1,2,3}?
Jawab: Permutasi dari himpunan {1,2,3} adalah (1,2,3), (1,3,2), (2,3,1), (2,1,3), (3,1,2) dan (3,2,1).
             Jadi Permutasi dari himpunan {1,2,3} ada enam.

Baca Juga: 


Contoh permutasi dalam Bahasa adalah Anagram. Dalam Anagram, sebuah kata ditata ulang huruf-hurufnya sehingga membentuk kata baru. Contoh Anagram yang paling populer adalah Tom Marvolo Riddle menjadi I am Lord Voldermort.

Bahkan dalam sebuah permainan juga ada yang menggunakan Permutasi, yaitu permainan puzzle Rubik. Permutasi dalam permainan rubik terlihat ketika warna kubus rubik diacak lalu di susun ulang sehingga setiap sisi memempunyai warna yang sama. Proses permutasi dalam permainan rubik mempunyai sebuah rumus Algoritma yang di sebut Algoritma Rubik. Dengan Algoritma itu, permutasi rubik menjadi lebih mudah.

Permutasi bisa ditemukan dalam segala disiplin ilmu. Hampir disetiap cabang matematika adala Permutasi. Begitu pula dalam ilmu komputer. Dalam fisika kuantum, dalam biologi, bahkan dalam internet pun ada algoritma yang paling di takuti oleh para blogger karena bisa menaikkan dan menjatuhkan sebuah situs dari SERP (Search Engine Result Pages) Googe.
Loading...