Amalgamasi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Amalgamasi adalah. Secara umum pengertian Amalgamasi digunakan dalam 3 bidang berbeda. Yaitu Amalgamasi dalam bidang kultur budaya (perkawinan), amalgamasi dalam bidang keuangan dan Amalgas dalam bidang pertambangan (pengolahan emas).

Amalgamasi dalam bidang budaya atau kultur adalah sebuah istilah untuk menyebut perkawinan aau asimilasi antar budaya atau etnik yang berlainan. Seperti perkawinan orang kulit putih dan orang kulit hitam. Istilah Amalgasi di bidang budaya atau kultur sudah sangat jarang di gunakan karena konotasinya yang bersifat negatif. 

Amalgasi dalam bidang keuangan adalah proses pengabungan kepesertaan atau keanggotaan seseorang disebuah badanyang sama dari perusahaan yang berbeda. Amalgamasi dalam bidang keuangan terjadi jika seorang peserta sering berpindah-pindah tempat kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya dan masing-masing perusahaan membeirkan kartu keanggotaan atau kepesertaan dari satu badan yaang sama. Contohnya kepesertaan Jamsostek atau BPJS.

Amalgamasi dalam bidang pertambangan adalah proses pengolahan emas secara tradisional dengan menggunakan merkuri untuk memisahkan (mengekstraksi) emas dari batuan. Amalgamasi emas ini merupakan proses pengolahan emas yang paling sederhana, paling mudah dan paling murah karena tidak memerlukan peralatan atau teknologi modern yang mahal. Namun dampaknya sangat tidak baik bagi lingkungan hidup sekitar. Karena merkuri yang di gunakan bisa mencemari lingkungan dan bersifat polutan berat.
Loading...