Loading...

Ilmu Laduni adalah | Pengertian dan Definisi

Loading...
Loading...
Pengertian dan Definisi Ilmu Laduni. Ilmu Laduni adalah Ilmu yang berasal dari Allah ta'ala. Berdasarkan definisi tersebut maka semua ilmu yang di miliki oleh makhluk hidup di alam semesta ini adalah Ilmu laduni. Hanya saja kemudian ilmu di golongkan berdasarkan cara mendapatkannya, yaitu:
  • Ilmu yang di dapat tanpa belajar (Ilmu Wahbiy)
  • Ilmu yang diperoleh melalui belajar (Ilmu Kasbiy)
Dan dalam perkembangannya, yang dianggap ilmu laduni oleh masyarakat umum adalah ilmu yang diperoleh tanpa belajar atau Ilmu Wahbiy. Ilmu wahbiy sendiri terbagi 2, yaitu:

  • Ilmu Syar'iat, yaitu ilmu yang diberikan Allah kepada para Nabi dan rasul yang berisi perintah dan larangan melalui wahyu baik yang di sampaikan langsung oleh Allah Ta'ala maupun yang menggunakan perantara Malaikat Jibril. Ilmu Syar'iat ini sifatnya mutlak dan wajib di pelajari dan diamalkan oleh setiap Mukallaf sepanjang hidupnya.
  • Ilmu Ma'rifat (Ilmu Hakikat), adalah ilmu pengetahuan tentang segala sesuatu yang ghaib (Ilmu Kebatinan) yang di berikan Allah kepada hamba-hambanya yang terpilih melalui mimpi ataupun ilham (Kasyf). Karena itu ilmu ini biasa juga disebut ilmu Kasyf
Bagi Ahli Tasawuf, Ilmu Kasyf inilah yang mereka kenal sebagai ilmu laduni. Ilmu ini tidak memiliki kebenaran mutlak sepert ilmu Syar'iat. Oleh karena itu jika ilmu kasyf yang di peroleh seseorang bertentangan dengan ilmu Syar'iat yang sudah termaktub dalam Al Quran dan Hadits maka ilmu ini tidak boleh di yakini dan diamalkan.


Tidak ada yang tahu kriteria apa yang di perlukan oleh seorang manusia agar terpilih sebagai orang yang beruntung memiliki ilmu Laduni. Apakah pengetahuan Ilmu agama yang tinggi dan rajin ibadah menjadi salah satu kriterianya?

Contoh pemilik Ilmu Laduni yang saat ini sedang viral adalah  Ibu Ningsih Tinampi. Anda harus tahu, bahwa sejak kecil, ibu Ningsih Tinampi mengalami kesulitan belajar membaca Al quran. Bahkan beliau tidak hapal huruf hijaiyah.

Jadi apakah pengetahuan agama menjadi kriteria seseorang untuk mendapatkan Ilmu Laduni?

May Zulaikha dalam artikel "Bagaimana Cara mendapatkan Ilmu Laduni?" punya pendapat sendiri yang patut dijadikan renungan.
loading...

Kamus BMS

Biologi Online

Loading...

Pintar Kimia