Pengertian dan Definisi

Loading...

Asam Alfa Lipoat adalah | Pengertian dan definisi Alpha Lipoic Acid

Pengertian dan definisi Asam Alfa Lipoat / Alpha Lipoic Acid. Asam Alfa Lipoat atau Asam lipid Alpha adalah sejenis asam lemak yang berperan penting dalam mencegah keruskan tubuh oleh radikal bebas.  Seperti kita ketahui, radikal bebas adalah molekul yang di hasilkan dari hasil metabolisme dengan faktor enternal diluar tubuh. 

Molekul ini kehilangan satu buah eletron dari pasangan elektron bebasnya sehingga sangat mudah bereaksi dengan molekul lain membentuk radikal baru. Radikal baru ini menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh. Penyakit yang di sebabkan radikal bebas ini bersifat kronis. Agar radikal baru tidak terbentuk, maka radikal bebas perlu di netralkan. Zat yang mampu menetralkan radikal bebas di sebut sebagai zat antioksidan. 


Sebagai zat antioksidan , asam alpha lipoat tergolong sebagai antioksidan kuat. Sebenarnya, Asam alpha lipoat ini diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang agak banyak, tetapi biasanya masih tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Semakin tinggi radikal bebas yang berada dalam tubuh seseorang, maka semakin tinggi pula asam lipoat yang di butuhkan. 

Untuk memenuhi kebutuhan akan asam alfa lipoat, kita bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam alfa lipoat. Sumber makanan yang banyak mengandung asam lipoat antara ain adalah jamur, bayam, brokoli, kentang, hati dan ginjal. Selain sumber makanan di atas, asupan asam alfa lipoat untuk tubuh dapat juga di peroleh dengan mengkonsumsi suplemen Asam Alfa Lipoat.

Asam alfa lipoat sudah di kenal di dunia medis sejak 40 tahun yang lalu. Dan selama itu, di wilayah Eropa, zat ini digunakan untuk mengobati penyakit diabetes terutama yang berkaitan dengan gangguan saraf. Asam alfa lipoat ini sangat istimewa, karena selain membantu melindungi dan mencegah, zat ini juga mampu memperbaiki kerusakan saraf yang terjadi.

Selain mengobati diabetes, asam alfa lipoat juga berfungsi untuk melindungi hati dan menghilangkan racun logam yang berlebihan dari dalam tubuh. Zat logam yang bisa di netralisir oleh asam lemak alfa lipoat antara lain adalah esi, tembaga, kadmium, timah, mercuri, dll.

Oh ya, Asam alfa lipoat termasuk zat yang bisa larut dalam minyak dan lemak, sehingga efek overdosis atau kelebihan asam alpha lipoic jarang terjadi. Namun begitu ada beberapa efek samping yang harus di ketahui yang mungkin terjadi saat Anda mengkonsumsi suplemen Asam Alpha Lipoat. Untuk mengetahui apa saja efek samping dan bahaya asam lipoat bagi tubuh bisa di lihat di tautan ini: https://efeksampingdanbahaya.blogspot.com/2014/02/efek-samping-asam-alfa-lipoat.html 
Loading...
Bagikan :
Loading...
Loading...
Back To Top