Pengertian dan Definisi

Loading...

Hizib adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Hizib. Hizib adalah sebuah kata dari bahasa Arab yang sering di gunakan untuk menyebut sekumpulan doa, baik yang berupa ayat Al Qur'an, Dzikir ataupun Sholawat yang di susun sedemikian rupa sehingga memiliki arti yang khusus untuk di baca dan di amalkan secara rutin dan terus menerus. 

Secara harfiah, Hizib berasal dari kata Hizb yang artinya adalah golonggan, sekutu, sekelompok, atau bagian. Dalam budaya Arab, Hizib merujuk pada sesuatu yang berkelompok, berduyun-duyun atau bersama-sama. 

Syaikh Ahmad bin ‘Abbad menyatakan bahwa hizib adalah kumpulan dzikir, doa, dan bimbingan yang telah dirangkai sedemikian rupa untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan memohon perlindungan agar dijauhkan dari keburukan dan kejahatan, memohon kebaikan, memohon tumbuhnya berbagai ilmu dan pengetahuan, dengan menyatukan hati kepada Allah

Contoh penggunaan kata Hizib : 
  • Hizbullah artinya adalah laskar Allah atau sekumpulan tentara Allah.
  • Hizbun min al ghumun artinya sekelompok awan


Hizib adalah salah satu jenis ilmu hikmah, yaitu amalan spiritual yang berupa doa atau wirid. Doa dan Wirid ini di susun oleh para ulama Ahli Hikmah dengan tujuan tertentu yang kemudian di ajarkan pada murid-muridnya untuk di amalkan. Banyak Ulama ternama yang menjadi penyusun Hizib, diantaranya  Syech Abdul Qadir Jaelani, Iman Al Ghazali, Imam Al Bukhori, Imam Al Nawawi dll. Biasanya Hizib di beri nama berdasarkan penyususunnya. Contoh: Hizib Ghazali, Hizib Autad Syekh Abdul Qodir Jaelani, dll. 

Tidak sembarang orang bisa menyusun Hizib. Mereka yang mampu menyusun Hizib adalah orang-orang yang dekat dengan Allah, insan pilihan yang hatinya telah di buka oleh Allah SWT untuk memahami rahasia-rahasia huruf dan ayat Allah sehingga hizib yang di susun memiliki manfaat sesuai dengan niat penyusunannya.

Contohnya:
  • Hizib agar di lancarkan reseki dan jodoh
  • Hizib untuk menyembuhkan peyakit medis dan non medis.
  • Hizib untuk pengasihan, agar rumah tangga harmonis, dll.
  • Hizib agar untuk mendaptkan ilmu kedigjayaan dan ilmu kebal, dll


Mempelajari Hizib sama dengan mempelajari Ilmu hikmah. Karena untuk mengamalkan hizib bukan hanya sekedar di baca, tapi ada ritual-ritual khusus yang harus di lakukan. Seperti berpuasa, menahan amarah dan hawa nafsu dll. Dan yang paling penting, untuk mempelajarinya harus memiliki guru. Karena belajar tanpa guru berarti gurunya setan. Dan itu sangat berbahaya. Karena Setan sangat suka menyesatkan manusia. 


Di Internet tersedia satu situs Khusus untuk mempelajari Hizib dan ada ijazahnya. Memang tidak gratis. Untuk mendapatkan ilmu itu, Ana harus membeli ijasahnya. Ada banyak Hizib yang di tawarkan, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Situs khusus yang mengijazahkan Hizib antara lain adalah situs IlmuHikmah.com di halaman: https://ilmuhikmah.com/?ijazah-hizib-para-wali,48

Macam-Macam Hizib dan manfaatnya

1. Hizib Abu bakar sakron: untuk  menangkal sihir dan kejahatan manusia, untuk pagar gaib rumah, kantor, atau lahan pertanian/kebun.

2. Hizib Al barri: berfungsi mendapatkan keistimewaan yang diperoleh perangkumnya,imam asy-syadzily dan untuk keselamatan dari segala marabahaya

3. Hizib ‘aly: untuk keselamatan,kesaktian, keberanian, melumpuhkan lawan dan menangkal berbagai serangn sihir.

4. Hizib Andarun: untuk keselamatan.jika sedang bermusuhan (berada di pihak yang benar), untuk mengunci panca indera musuh, sehingga  lawan tidak akan mampu bergerak, melihat, mendengar dan berbicara.

5. Hizib Autad: untuk memudahkan terkabulnya cita – cita, menambah kharisma dan wibawa, serta memudahkan rezeki dan terjaga dari segala bahaya yang nyata maupun halus

6. Hizib Badawi rifa’i: untuk keselamatan dari jin, setan, dan manusia, untuk menaklukan  lawan agar lemah dan gemetar.

7. Hizib Bahri: untuk meningkatkan kharisma,wibawa,membuat musuh meminta maaf,kebal senjata,menundukkan jin dan setan,serta keberuntungan usaha dan selamat dari bencana dan sihir

8. Hizib Barqi: untuk melemahkan mental lawan,mental menutup pandangan dan pendengaran lawan,menghancurkan benda keras,serta disegani kawan maupun lawan.selain itu juga meningkatkan kharisma dan agar selamat dari segala bahaya.Hizib ini sering digunakan untuk memukul balik serangan para pelaku sihir/santet

9. Hizib bayyumi: untuk meramaikan majelis(banyak murid),serta agar selamat dari kejahatan manusia.selain itu agar aman dari segala bentuk sihir,serta untuk meningkatkan derajat dan cita – cita

10. Hizib bukhori: agar istikomah dalam ibadah ,selamat dari fitnah,membingungkan orang zalim agar tipu dayanya gagal,serta menangkal dan mengembalikan guna-guna dan sihir.kadang – kadang juga di maksudkan agar rumah musuh disambar petir.

11. Hizib Difa’: untuk mengusir lelembut, Jin dan Setan.

12. Hizib Ikhfa: untuk meningkatkan keberanian dan merusak orang zalim.

13. Hizib Ja’far shadiq: untuk menjaga dari kejahatan orang lain, terutama pengamanan lokasi, baik secara lahir maupun batin.

14. Hizib Jabalakah: untuk menanggulangi musuh,kuat jasmani,mengamankan lokasi ,serta selamat dari senjata tajam dan untuk melumpuhkan musuh.

15 .Hizib Jailani: untuk kesaktian menaikkan derajat,sehat jasmani, dan ketentetaman berkeluarga untuk persahabatan (majelis)agar damai dan bersatu,dicintai masyarakat, terpelihara dari kefakiran,serta dijauhkan dari sihir dan hal-hal yang bersifat samar(halus).dimudahkan cita-cita dan usaha diberkati.

16. Dan masih banyak lagi.
Loading...
Bagikan :
Loading...
Back To Top