Pengertian dan Definisi

Loading...

Akrilamida adalah | Pengertian dan Definisi Acrylamide

Pengertian dan definisi Akrilamida (Acrylamide). Akrilamida adalah senyawa kimia yang terbentuk dari reaksi kimia antara asam amino dan gula pada suhu tingi. Reaksi asam amino dan gula biasa terjadi pada makanan tinggi pati, baik yang berasal dari umbi-umbi an atau produk olah tepung. Contohnya: kentang goreng, roti panggang, pisang goreng, dll.

Akrilamida atau Amida Akrilat merupakan senyawa organik sederhana yang memiliki rumus kimia C3H5NO dan merupakan salah satu bahan karsinogen. Sebuah penelitian terhadap tikus yang di beri akrilamida secara rutin membuatnya menderita kanker. Karena itu itu di beberapa negara maju, bahan pangan yang mengandung akrilamida yang di konsumsi secara rutin seperti kopi harus menambahkan label peringatan tentang kanker.

Akrilamida tidak secara langsung terdapat dalam makanan, baik karena di tambahkan dengan sengaja atau yang lainnya. Tapi akrilamida dalam bahan pangan merupakan hasil alami dari proses memasak dan akan selalu ada dalam makanan kita. Proses memasak yang banyak menghasilkan akrilamida adalah menggoreng, membakar dan memanggang. Sementara merebus dan mengukus tidak menghasilkan akrilamida.


Banyak sendikitnya kandungan akrilamida dalam makanan dapat di lihat dari warnanya.  Proses pembentukan akrilamida berkaitan erat dengan fenomena pencoklatan non-enzimatik (reaksi maillard). Meski tidak ada yang tahu pasti bagaimana tahapan proses pembentukan akrilamida, tapi yang jelas, semakin coklat warna makanan yang di goreng atau di panggang atau di bakar, maka semakin tinggi kadar akrilamidanya. pada kentang, ada perlakuan khusus untuk mengurangi kadar akrilamida dalam bahan pangan, yaitu dengan cara merendamnya dengan asam sitrat sebelum di masak.

Akrilamida juga terdapat dalam bahan selain makanan. Yaitu pada asap tembakau. Asap tembakau yang di hisap saat merokok mengandung akrilamida yang sangat banyak. Dalam beberapa kasus telah terbukti kalau merokok menyebabkan meningkatnya kadar acrylamide dalam darah 3 kali lipat daripada makanan.


Cara mudah menngurangi bahkan melenyapkan akrilamida dari makanan sangat simple, yaitu olah makanan dengan cara mengukusnya, jangan menggoreng, membakar atau memanggangnya.
loading...
Bagikan :
Loading...
Back To Top