Pengertian dan Definisi

Loading...

Minyak Ikan (Fish Oil) adalah | Pengertian dan Definisi.

Minyak Ikan (Fish Oil) adalah | Pengertian dan Definisi. Minyak Ikan adalah salah satu zat gizi yang terkandung dalam ikan. Minyak ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung ataupun dalam bentuk suplemen. Minyak ikan menjadi spesial karena mengandung omega-3, asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan, tapi tidak diproduksi secara alami oleh tubuh.  Ikan yang di ambil minyaknya adalah jenis-jenis ikan yang berlemak, seperti makerel, ikan Herring dan Salmon. Seseorang yang cukup  banyak mengkonsumsi ikan jenis ini, tidak membutuhkan asupan suplemen lagi, karena kebutuhan asam lemak omega-3 telah tercukupi dari menu makannya sehari-hari.

Asam lemak Omega-3 terdiri dari jenis, yaitu EPA (Eiscosapentaenoic Acid) dan DHA (Decosahexaenoic Acid). Kedua jenis asam lemak ini banyak di temukan dalam produk ikan dan hewan lain serta Phytoplankon. Minyak Ikan sangat di rekomendasikan sebagai sumber Omega-3, karena murah dan mudah di dapat.

Suplemen Minyak Ikan memberi manfaat yang sangat banyak jika di konsumsi, salah satunya adalah untuk menyeimbangkan asam lemak omega-6. Perbandingan yang tepat adalah sama banyak atau 1:1. 

Perbandingan asam lemak Omega-3 dan omega-6 yang seimbang (1:1) akan menyehatkan pembulu darah. Asam Lemak Omega-3 dari minyak ikan di ketahui telah mengurangi lemak yang di sebut trigliserida. Kadar trigliserida yang tinggi akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung, aritmia dan stroke. 

Manfaat Minyak Ikan (Fish Oil)

1. Mengurangi kadar trigliserida
2. meringankan penyakit arteri koroner
3. Mencegah penyumbatan pembuluh darah
4. Mencegah dan menangani penyakit jantung
5. Mencegah penyumbatan pembuluh darah
6. Mencegah penyakit mata akibat degenarasi makula (karena usia)
7. Mengurangi resiko keguguran
8. Membantu meringankan penyakit Asma
9. Meningkatkan Kinerja Indera pada pasien ADHD (attention deficit-hyperactivity disorder)

Meski memiliki banyak manfaat, tetapi minyak ikan juga memiliki efek samping jika di konsumsi secara berlebihan. Apa saja kah efek samping dan bahaya minya ikan jika di konsumsi berlebih? Silahkan dapatkan Infonya di Efek Samping & Bahaya Minyak Ikan.
Bagikan :
Back To Top