Pengertian dan Definisi

LIKE kalau SUKA

Propolis adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Propolis. Propolis adalah sejenis zat yang di hasilkan lebah dari getah kulit pohon atau pucuk-pucuk muda tanaman yang kemudian di metabolisme hingga bercampur dengan air liurnya.  Propolis mempunyai sifat lengket pada suhu ruang sehingga sering disebut sebagai lem lebah.  Propolis di gunakan lebah untuk menambal dan menutupi lubang sarangnya yang kecil. Propolis lebah memiliki warna tergantung pada bahan bakunya. Tetapi biasanya berwarna coklat hingga coklat tua.

Pengertian Propolis

Nama propolis sendiri diberikan oleh bangsa Yunani kuno yang artinya ‘benteng kota’.  Hal ini membuktikan bahwa keberadaan propolis telah di kenal sejak zaman dahulu kala. Orang Yunani menyakini bahwa propolis memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak. Karena lebah menggunakan zat ini untuk mempertahankan dan melindungi sarang mereka dari gangguan mikroba dan makhluk asing lainnya. Selain itu, propolis juga terbukti mengandung senyawa anti mikroba. Karena setiap makhluk hidup yang tersengat lebah, mati dan di tutupi propolis, makhluk-makhluk tersebut tidak mengalami pembusukan tetapi malah berubah menjadi seperti mumi yang diawetkan. Ini menjadi dasar penggunaan propolis sebagai bahan untuk membuat mumi di zaman Mesir kuno.
Penelitian modern menyebutkan bahwa selain mengandung senyawa antibiotik, propolis juga mengandung berbagai zat gizi dan senyawa-senyawa organik dan kimia tergantung pada tumbuhan yang menjadi sumbernya. Komposisi utama propolis menurut  www.propolisnano.org secara kuantitatif adalah sebagai berikut:
  • getah : 55%
  • lilin : 7,5 – 35%
  • minyak esensial : 10%
  • pollen : 5%
  • asam amino : 5%
  • minyak terbang : 4,4 – 19%
Selain kandungan-kandungan senyawa diatas, propolis juga mengandung vitamin, mineral, senyawa flavanoid dan enzim yang aktif dan kompleks secara biologis.  Unsur- unsur yang terkandung di dalam propolis diantaranya adalah: dehydrocalcones, asam alipatik dan ester lainnya, asam alipatik rantai panjang, minyak volatil rantai pendek, asam aromatik dan ester lainnya, asam benzoik dan turunannya, aldehida, senyawa alkohol, asam sinamat dan turunannya, ketine, phenol, dll.


Propolis memiliki manfaat dan kegunaan yang banyak. Kelebihan utama propolis adalah sifat nya sebagai antibakteri dan antivirus alami. Karena itu sejak dulu hingga sekarang, propolis diramu sedemikian rupa sehingga layak untuk di konsumsi dan jadikan salah satu bahan obat-obatan baik tradisional maupun modern. Untuk mengetahui apa saja manfaat dan dan khasiat propolis, silah baca di SINI. Sedangkan untuk mengetahui efek samping dan bahaya propolis dapat di lihat di SINI.
Bagikan :
Back To Top