Pengertian dan Definisi

LIKE kalau SUKA

Antibiotik adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Antibiotik. Antibiotik adalah zat yangg memiliki kemampuan untuk menghambat kehidupan mikroorganisme. Tapi tidak semua mikroorganisme dapat di hambat dan di matikan menggunakan antibiotik. Karena antibiotik hanya bisa digunakan untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri saja. Mikroorganisme seperti virus tidak dapat dihambat dengan antibiotik, karena virus mempunyai ketahanan diri yang kuat dan dapat beradaptasi dengan zat-zat yangada di sekitarnya.  Antibiotik berasal dari bahasa Yunani, anti berarti melawan, dan bios berarti hidup.

Pengertian antibiotik

Antibiotik adalah substrat yang bisa membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat fungsi penting dari sel bakteri. Antibitik dapat melawan infeksi bakteri pada berbagai jenis organisme seperti tumbuhan, hewan dan terutama manusia. Tetapi tidak dapat mengobati segala jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur, virus, protozoa, dll.

Selama ini masyarakat awam telah banyak yang salah paham dan menduga bahwa antibiotik dapat mengobati segala jenis penyakit. Padahal tidak. Karena sebenarnya, antibiotik hanya bisa di gunakan untuk mengobati penyakit yang di sebabkan oleh infeksi bakteri. Sedangkan untuk mengobati dan menghambat penyakit yang di sebabkan oleh jamur atau virus di gunakan antifungi atau antivirus. Salah satu jenis antibiotik yang populer untuk mengobati infeksi adalah Penisilin.

Penisilin adalah jenis antibiotik pertama yang di temukan secara tidak sengaja oleh Alexander Fleming. Meski merupakan antibiotik yang terkenal dan telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai infeksi yang di sebabkan oleh bakteri, namun ternyata penisilin tidak mampu untuk mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri tertentu. Karena itu penggunaanya kini mulai di batasi. Pengetahuan modern menunjukan bahwa jika suatu bakteri di obati menggunakan antibiotik yang tidak sesuai jenis dan dosisnya, bakteri tersebut akan menciptakan kekebalan tubuh sendiri sehingga tidak mempan terhadap antibiotik yang di maksud.

Antibiotik dapat diperoleh secara alami dan secara sintetis. Dialam ada beberapa jenis tumbuhan yang mempunyai sifat antibiotik, seperti kunyit, jahe, cabe, dlll. Tetapi kebayakan antibiotik yang beredar di pasaran adalah antibiotik sintetis yang dibuat secara kimia di pabrik-pabrik obat. Saat ini ada sekitar 100 jenis antibiotik yang dapat di temui dipasaran yang di gunakan oleh para ahli medis untuk menyembuhkan infeksi oleh bakteri. Tetapi tidak semua terbukti aman dan egektif untuk menyembuhkan penyakit. 

Dalam mengobati penyakit infeksi bakteri, ada pertauran khusus yang harus di ketahui, yaitu sebelum menggunakan antibiotik, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti resistensi bakteri terhadap antibiotik yang dimaksud, maka antibiotik ini harus dibeli dengan menggunakan resep dokter, karena penggunaannya harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan atau dosis yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa contoh antibiotik yang beredar dipasaran:
  • Penicillins
  • Sulfadilamit, dll.
Bagikan :
Back To Top