Loading...

Kesehatan Fisik atau Jasmani adalah

Pengertian dan definisi Kesehatan fisik atau kesehatan jasmani. Fisisk atau jasmani adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan tubuh. Kesehatan fisik atau kesehatanjasmani berarti kesehatan yang berhubungan dengan kondisi tubuh manusia yang kasat mata yang memiliki lima alat perlengkapan yang disebut panca indra. Kesehatan fisik dapat di peroleh melalui aktivitas fisik secara teratur (olahraga), gizi yang baik, dan istirahat yang cukup.  Kesehatan fisik dan jasmani merupakan definisi sehat yang paling banyak di ketahui orang dan jadikan pengertian dari sehat itu sendiri, yaitu bebas dari penyakit yang menyerang tubuh.

Pengertian Kesehatan Jasmani

Kesehatan fisik berhubungan dengan segala sesuatu tentang tubuh kita sebagai entitas fisik. Kesehatan fisik telah menjadi dasar untuk kampanye hidup sehat dan asupan nutrisi yang tepat  yang telah melanda dunia. Berbagai produk suplemen dan nutrisi buatan telah di hasilkan untuk mendukung kesehatan jasmani. Dengan berbagai iming-iming yang menawarkan segala macam keuntungan dan fungsi yang di peroleh para pengguna. Banyak orang yang tergoda untuk menciptakan dan memperoleh kesehatan fisik sehinggalupa mempertimbangkan apa yang relevan atau yang tidak
Istilah lain untuk kesehatan fisik adalah kesejahteraan fisik. Kesejahteraan fisik didefinisikan sebagai sesuatu yang seseorang dapat mencapai dengan mengembangkan semua komponen yang terkait dengan kesehatan atau gaya hidupnya. Kebugaran kardiorespirasi mencerminkan daya tahan seseorang, kekuatan otot, fleksibilitas, dan komposisi tubuh. Kontributor lain untuk kesejahteraan fisik mungkin termasuk nutrisi yang tepat, manajemen berat badan, berpantang dari penyalahgunaan narkoba, menghindari penyalahgunaan alkohol, perilaku seksual yang bertanggung jawab (kesehatan seksual), kebersihan, hiburan, istirahat yang cukup dan tidur yang teratur.
Beberapa orang membagi kesehatan fisik menjadi dua bagian yang terpisah, yaitu:
  • Kesehatan struktural yang mengacu pada kondisi tulang, otot, organ dll.  Struktur tersebut di harapkan dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan kegunaannya. Kesehatan struktural dikaitkan dengan rasio tinggi / berat badan seseorang, (indeks massa tubuh) BMI mereka, denyut nadi, dan kecepatan waktu pemulihan setelah melakukan pekerjaan atau olahraga.
  • Kesehatan Kimia  berhubungan dengan jumlah dan komposisi senyawa yang masuk kedalam tubuh dalam bentuk senyawa-senyawa kompleks baik yang menguntungkan seperti nutrisi ataupun yang merugikan seperti asap kendaraan, racun atau senyawa-senyawa karsinogenik yang tanpa kita sadarai terserap saat kita bernafas atau tertelan bersamaan dengan masuknya bahan pangan kedalam tubuh atau yang masuk kedalam tubuh kita melalui pori-pori kulit. Kita mungkin menghirup atau menelan bahan kimia alami dan sintetis yang bersifat merugikan. Tetapi dalam kebanyakan kasus, tubuh dapat memecah bahan kimia sehingga menjadi tidak berbahaya atau mengeluarkan dari dalam tubuh.
W.B. Cannon (bangsa Amerika) menamakan kondisi tubuh yang sehat, seimbang, dan serasi sebagai homeostasis. Kondisi tersebut pada hakekatnya merupakan perwujudan kondisi fisik atau jasmani yang stabil, dinamis, serasi, konstan dan seimbang. Oleh karena itu, aktivitas kehidupan walaupun bervariasi mempunyai satu tujuan yaitu kesehatan tubuh atau kesehatan fisik atau kesehatan jasmani. Karena menurut pepatah, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.


Blog, Updated at: 4:28:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com