Loading...

Kesehatan adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Kesehatan. Kesehatan adalah kondisi optimal dari pikiran dan fisik seseorang yang memungkinkan orang tersebut dapat menjalani hidup yang berkualitas dan produktif baik secara sosial maupun ekonomi. Kesehatan berorientasi pada upaya memaksimalkan potensi individu baik secara fisik, intelektual, emosional, sosial, spiritual dan lingkungan.  Kondisi alami dari kesehatan adalah terbebas dari penyakit, cedera ataupun segala sesuatu yang menganggu sistem metabolik makhluk hidup terutama manusia. WHO mengkorelasikan kesehatan dan kepuasan pribadi sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Pengertian Kesehatan

Kesehatan adalah tingkat efisiensi fungsional atau metabolik dari organisme hidup . Pada manusia , itu adalah kondisi umum dari pikiran dan tubuh seseorang . Ada banyak definisi tentang kesehatan, menurut Tipssehatku.com, kesehatan adalah:
  • Kesehatan adalah keadaan prima baik secara mental dan fisik sehingga seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan baik dalam lingkungannya.
  • Kesehatan adalah kemampuan merawat diri sendiri yang ditunjukkan dengan menjaga dan meningkatkan fungsi tubuh, kejiwaan, spiritual dan sosial.
Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Harta paling berharga umat manusia adalah kesehatan. Tidak ada gunanya kaya, berumur panjang tapi kalau sakit-sakitan. Dahulu kala,  istilah kesehatan hanya memiliki makna “tiadanya penyakit atau pun luka”. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, kesehatan bukan hanya tentang penyakit, tapi mencangkup seluruh aspek kehidupan. Seseorang di katakan sehat, jika tubuhnya terbebas dari penyakit, pikirannya bekerja sesuai fungsinya, spiritualnya mempunyai keyakinan, dan mentalnya stabil. Seseorang tidak bisa di katakan sehat, kalau tubuhnya sakit. Tidak bisa di katakan sehat, kalau pikirannya selalu galau dan tidak menentu. Tidak bisa di katakan sehata kalau emosinya tidak stabil. Atau kalau spiriatualnya melenceng dari norma-norma yang telah di tetapkan.
Kesehatan memiliki pengaruh pada berbagai dimensi kehidupan. Kesehatan bukan tentang kebugaran saja. Tetapi kestabilan emosi, kemampuan menjalin hubungan sosial dengan sesama, serta kepuasaan dalam menjalani dan menikmati kehidupannya.
Universitas Carolina Timur mendefinisikan kesehatan sebagai ” integrasi pikiran , tubuh dan jiwa . Kesehatan optimal memungkinkan kita untuk mencapai tujuan kita dan menemukan makna dan tujuan dalam hidup kita. Kesehatan menggabungkan tujuh dimensi kesejahteraan menjadi kualitas hidup. Secara keseluruhan , kesehatan adalah kemampuan untuk menjalani hidup sepenuhnya dan untuk memaksimalkan potensi pribadi dalam berbagai cara. Kesehatan  mewajibkan manusia untuk  terus belajar dan membuat perubahan untuk meningkatkan dan menjaga kondisi tubuh, pikiran, mental dan spiritual. Ketika kita menyeimbangkan fisik , intelektual , emosional , sosial, pekerjaan , aspek spiritual , dan lingkungan hidup , kita mencapai kesehatan yang benar . “
Ada banyak faktor yang diketahui mempengaruhi status kesehatan seseorang, diantaranya adalah termasuk latar belakang, gaya hidup, kondisi sosial ekonomi , dan spiritualitas. Hal-hal tersebut sering dianggap sebagai ” faktor penentu kesehatan”  .


Blog, Updated at: 4:30:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com