Loading...

Unsur adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Unsur.  Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Partikel terkecil dari unsur adalah atom. Sebuah atom terdiri atas inti atom (nukleus) dan dikelilingi oleh elektron. Yang membedakan suatu unsur dengan unsur lainnya adalah jumlah proton dan  elektron serta ikatan yang terjadi dalam inti atom unsur tersebut. Hingga saat ini, setidaknya telah di temukan 118 unsur. Dimana 93 diantaranya di temukan di alam sementara yang 25 adalah unsur buatan.

Untuk memudahkan membedakan unsur yang dengan unsur yang lain maka di buatlah tatanama unsur. Penamaan unsur telahada  jauh sebelum adanya teori atom suatu zat, meski pada waktu itu belum diketahui mana yang merupakan unsur, dan mana yang merupakan senyawa. Nama resmi dari unsur kimia ditentukan oleh organisasi IUPAC. Cara pemberian nama unsur beragam. Ada unsur yang berasal dari bahasa tertentu (terutama latin), nama orang, nama tempat,  dan lain-lain.  Lambang kimia suatu unsur diambil dari singkatan nama unsur.   Misalnya Fe singkatan  dari kata ferrum (bahasa latin) sebagai lambang unsur besi.


Penentuan Lambang Kimia suatu unsur mempunyai sistem.  Sistem yang saat ini digunakan diperkenalkan oleh Berzelius. Adapun aturan penulisan lambang kimia suatu unsur oleh Berzelius adalah sebagai berikut:
  1. Lambang unsur ditulis dengan satu huruf kapital.
  2. Untuk Unsur yang dilambangkan dengan lebih dengan satu huruf, huruf pertamanya  ditulis dengan huruf kapital dan huruf kedua/ketiga ditulis dengan huruf kecil.
  3. Unsur-unsur yang memiliki nama dengan huruf pertama sama maka huruf pertama lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur dan huruf kedua diambil dari huruf lain yang terdapat pada nama unsur tersebut. Misalnya, Ra untuk radium dan Rn untuk radon.
Agar bisa di pelajari dan di hapalkan dengan mudah, maka semua unsur yang di temukan di susun dalam sebuah tabel yang di kenal dengan sebutan tabel Periodik unsur.  Tabel periodik unsur terdiri dari baris dan kolom. Baris pada tabel disebut periode, sedangkan kolom disebut golongan. 

Dalam tabel periodik unsur terdapat 7 periode dan 18 golongan.  Peletakan unsur dalam periode dan golongan di dasarkan pada kesamaan sifat, jenis dan bentuknya. Misal golongan 18 pada tabel periodik unsur berisi unsur-unsur gas mulia, golongan 17 unsur halogen dan golongan 2 unsur alkali tanah. Untuk lebih lengkapnya, topik tabel periodik unsur akan di bahas dalam bahasan tersendiri.


Blog, Updated at: 7:33:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com