Loading...

Isotop adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Isotop. Isotop adalah unsur yang memiliki Nomor Atom (Proton) sama tapi Nomor massanya (Neutron) berbeda. Karena nomor atom merupakan identitas sebuah unsur, maka Isotop , meski mempunyai nomor massa berbeda tetap di golongkan dalam satu unsur sama. Karena itu dalam tabel periodik, seluruh Isotop dari sebuah unsur terletak di tempat yang sama. Isotop dari setiap elemen akan memiliki jumlah elektron valensi yang sama sehingga mau tidak mau akan memiliki sifat kimia yang sama pula.

Contoh Isotop antara lain adalah:

Unsur

Isotop

Hidrogen (H) 11H,       12H,    13H
Helium (He) 23He,     24He,
Karbon (C) 612C,      613C,    614C
Nitrogen (N) 714N,     715N
Oksigen (O) 816O,      817O,    818O
Uranium  (U) 92234U,      92235U,    92236U
 
Isotop suatu unsur meskipun memiliki sifat kimia yang hampir sama, tapi karakteristik dan sifat fisiknya berbeda antara isotop yang satu dengan isotop yang lain dalam satu unsur. Hal ini karena sifat fisik unsur biasanya di pengaruhi oleh jumlah Neutron yang ada dalam yang terdapat dalam Nukleus.  Sifat fisik unsur seperti titik leleh, titik didih, kerapatan dan lain-lain tergantung pada masa atom. Karena nomor masa suatu Isotop tidak sama, maka otomatis massa atomnya pun berbeda.
 
Seperi kita ketahui Massa Atom di peroleh dari penambahan jumlah Massa Neutron+Massa Elektron+Massa Proton. Karena masa elektron sangat kecil, sehingga biasanya di abaikan. Karena itu akhirnya untuk mengukur massa atom hanya perlu di lakukan penambahan massa neutron dan massa proton saja, yang rumusnya adalah:

Massa Atom = Massa Neutron + Massa Proton

IsotopSetiap unsur dapat berubah menjadi isotopnya jika terjadi penambahan dan pengurangan nomor massa yang biasanya terjadi karena suatu reaksi atau aktivitas tertentu. Ada beberapa unsur isotop yang terdapat di alam dalam kondisi stabil seperti isotop Hidrogen dan Isotop Oksigen. Tapi beberapa Isotop ada yang bersifat tidak stabil seperti Isotop Uranium yang memiliki sifat radioaktif. Isotop yang bersifat radioaktif di sebuta dengan radioisotop.

Manfaat dan Kegunaan Isotop

Unsur isotop yang bersifat radioaktif memiliki banyak kegunaan, diantaranya:

  • Radioisotop dapat di gunakan untuk mendeteksi aktifita sradioaktif di alam,
  • Radioisotop dapat di gunakan untuk mempelajari mekanisme reaksi-reaksi rumit seperi fotosintesis, hidrolisis, dll.
  • Radioissotop dari karbon dapat di gunakan sebagai penentu usia suatu benda di alam ataubiasa di kenal dengan penanggalan karbon.
  • Radioisotop di gunakan untuk mendeteksi berbagai jenis penyakit yang di derita manusia, seperi tumor, kanker, sirkulasi darah, dll.


Blog, Updated at: 1:39:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com