Loading...

Gerak adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Gerak. Gerak adalah perubahan atau peralihan posisi, kedudukan atau tempat dari suatu benda atau makhluk hidup dari posisi atau kedudukan awal. Gerak bersifat relatif, yaitu tergantung pada pengamat. Gerak dapat terjadi pada semua benda baik benda mati ataupun benda hidup. Hanya saja jenis gerakan dan penyebabnya berbeda. Pada makhluk hidup, gerakan bisa terjadi karena faktor internal, sedangkan pada benda mati, gerakan biasanya terjadi karena pengaruh faktor eksternal.

Secara umum gerak di bedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

1. Gerak pada benda hidup (manusia, hewan dan tumbuhan).pengertian gerak

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bisa bergerak. Sekecil apapun gerakannya, makhluk hidup pasti bergerak. Meskipun bentuk gerakan yang terjadi berbeda antara satu sama lain.  Gerak pada makhluk hidup secara umum juga di bedakan menjadi 2, yaitu

  • Gerak pada hewan/manusia, makhluk hidup jenis ini bergerak dengan alat gerak khusus yang mereka memiliki sehingga memungkinkan bagi mereka untuk berpindah tempat. Gerak pada hewan dan manusia sangat banyak jenisnya, dan ini akan di bahas lebih lanjut dalam bab tersendiri.
  • Gerak pada tumbuhan, tumbuhan tidak mempunyai alat gerak khusus, sehingga tidak mungkin berpindah tempat dengan sendirinya. Gerakan pada tumbuhan bersifat gerakan di tempat, seperti bergoyang dll.

2. Gerak pada benda mati.

Benda mati sebenarnya tidak bisa bergerak jika  tidak ada pengaruh dari luar.  Pengaruh dari luar itu berubah gaya. Gaya adalah interaksi yang terjadi pada sebuah benda sehingga benda tersebut dapat bergerak. Banyak gaya yang bisa menyebabkan benda mati bisa bergerak, diantaranya:

  • Gaya  gravitasi
  • Gaya elektromagnet
  • Gaya kelembaman, dll.

gerak adalahGerak pada benda mati di pengaruhhi oleh banyak faktor, diantaranya:

  • Bentuk benda, benda yang berbelut bulat lebih mudah bergerak dengan berpindah tempat daripad abenda yang berbentuk kotak ataupun segitiga.
  • Ukuran dan massa benda, benda yang berukuran lebih kesil dengan massa yang kecil juga lebih mudah berpindah tempat dari pada benda berukuran besar dengan massa besar. Karena benda yang berukuran kecil dengan massa kecil dapat dengan mudah tertiup angin dan terbang kemana saja,
  • Permukaan benda,  benda dengan permukaan halus lebih mudah berpindah tempah tempat daripada benda dengan permukaan kasar.


Blog, Updated at: 7:51:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com