Loading...

Gonad Adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Gonad. Gonad adalah organ yang berfungsi dalam proses reproduksi. Gonad ada dua jenis, yaitu Gonad laki-laki (Male Gonad) dan Gonad wanita (Female Gonad). Gonad laki-laki adalah testis yang menghasilkan sperma dalam bentuk spermatozoa. Sedangkan Gonad Wanita adalah ovari (indung telur) yang menhasilkan sel telur. Perpaduan dari kedua produk yang di hasilkan oleh gonad inilah yang kemudian berkembang menjadi individu baru.

Gonad adalah pengertian dan definisiGonad mulai berkembang di awal tahap pertumbuhan makhluk hidup dalam bentuk punggung Gonad. Dalam masa perkembanganya, pungung gonad itu akan berubah bentuk menjadi gonad male atau female tergantung pada kromosom yang terdapat di dalam DNA masing=masing individu. Keberadaan gen SRY (+SRY)pada kromoson Y dalam DNA akan menyebabkan punggung Gonad berkembang menjadi Male Gonad (gonad laki-laki) . Sedangkan ketiadaan gen SRY (-SRY) kromosom Y akan menyebabkan punggung Gonad berkembang menjadi gonad wanita (female gonad). Perkembangan Gonda merupakan bagian dari perkembangan orang kemoih dan reproduksi.

Di dalam Gonad terdapat kelenjar yang berfungsi untuk menghasilkan sel-sel kelamin dan hormon-hormon yang mempengaruhi karakteristik seksual sekunder. Kelenjar yang terdapat dalam gonad di sebut kelenjar gonad.  Kelenjar gonad juga di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu kelenjar gonad wanita dan kelenjar gonad laki-laki. Letak dan jenis hormon yang di hasilkan oleh kedua jenis kelejar gonad ini berbeda.  Untuk mengetahui di mana letak kelenjar Gonad an apa hormon yang di hasilkan olehnya, anda dapat membacanya secara ringkas di artikel Kelenjar Gonad | Pengerian dan Definisi - Kamusq.com



Blog, Updated at: 12:28:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com