Loading...

Gelombang adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Gelombang. Gelombang adalah getaran yang merambat.  Gelombang merupakan salah satu konsep Fisika yang sangat penting untuk dipelajari karena banyak sekali gejala alam yang menggunakan prinsip gelombang. Sebagai makhluk yang paling pandai, manusia memiliki kewajiban untuk selalu mempelajari Gejala Alam Ciptaan Tuhan, agar dapat mengambil manfaat bagi kehidupan manusia. Kita bisa berkomunikasi dengan orang lain sebagian besar adalah dengan memanfaatkan gelombang suara dan gelombang bunyi. Kita juga bisa mendengarkan Radio atau menonton Televisi karena adanya gelombang radio. Untuk dapat merambat bebrapa gelombang membutuhkan medium. Gelombang yang untuk dapat merambat membutuhkan medium di sebut gelombang mekanik.

Pengertian dan Definisi Gelombang

Berdasarkan medium perambatnya, gelombang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu : Gelombang Mekanik dan Gelombang Elektromagnetik. Gelombang Mekanik adalah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, misalnya Gelombang Tali, Gelombang Air, dan Gelombang Bunyi. Sedangkan Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat tanpa medium, misalnya gelombang radio, gelombang cahaya dan gelombang radar.

Berdasarkan arah perambatannya, gelombang mekanik dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gelombang trnversal dan gelombang longitudinal. Pada saat kita menggetarkan slinkike arah samping, ternyata arah rambat gelombangnya ke depan tegak lurus arah rambatnya. Gelombang seperti ini biasanya disebut dengan gelombang tranversal. Jadi gelombang tranversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatannya. Contoh lain dari gelombang tranversal adalah gelombang pada permukaan air, sumber getaran untuk gelombang air berada pada tempat batu jatuh sehingga gelombang menyebar kesegala arah. Sebenarnya tampak bahwa semakin jauh dari sumber, gelombang itu akan semakin kecil, hal itu disebabkan energi yang dirambatkan semakin berkurang. Sedangkan gelombang elektromagnetik sepertihalnya gelombang cahaya, gelombang radio dan gelombang radar, memiliki arti bahwa gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambatannya. Sebetulnya ketika kita mencoba mendorong slinki yang searah dengan panjangnya, gelombang tu akan merambat kearah yang lain berbentuk rapatan dan renggangan.

Jika bisa diperhatikan bahwa arah rambat dan arah getarnya ternyata searah. Gelombang inilah yang sebetulnya disebut dengan gelombang longitudinal. Gelombang bunyi dan gelombang pada gas yang ditempatkan didalam tabung tertutup juga merupakan contoh lain dari gelombang longitudinal. Salah satu sifat gelombang adalah dapat dipantulkan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering melihat pemantulan gelombang air kolam oleh dinding kolam ataupun gelombang ombak laut oleh pinggir pantai. Dapat diterimanya gelombang radio dari stasiun pemancar yang demikian jauh juga menunjukan bahwa gelombang radio dapat dipantulkan atmosfer bunyi. Dan ketika kamu mengikuti upacara pengibaran bendera disekolahmu, kamu melihat bendera berkibar diterpa angin. Pernahkah kamu memperhatikan bagaimana gerak bendera tersebut? Ya tentu saja arah bendera itu akan bergelombang searah terpaan angin yang mengibarkan bendera. Peristiwa ombak laut maupun berkibarnya bendera itu merupakan contoh dari gelombang.


Blog, Updated at: 3:33:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com