Loading...

Zionis adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Zionis. Zionis adalah sebutan bagi siapa saja yang menjadi pengaut dan pendukung gerakan kembalinya kaum Yahudi ke bukit Sion di Palestina. Kata Zionis diambil dari nama sebuah tempat. Sion atau Zion merupakan nama sebuah bukit yang terletak di sebelah barat Yerusalem yang di percaya sebagai lokasi sebenar dari Kuil Solomon (Haikal Sulaiman). Dalam kitab perjanjian lama, Yerusalem di kenal dengan sebutan Zion. Dari nama inilah kemudian istilah Zionis di bentuk.

Sejarah menyebutkan bahwa semula istilah Zionis merupakan sebutan lain bagi kaum Yahudi dan berifat netral. Namun kemudian Nathan Bernbaum, pada 1 Mei 1776, memberi nama gerakan politik yang dibentuknya dengan nama Zionis. Zionis menjadi nama suatu gerakan yang dibentuk dan dicetuskan oleh Nathan Bernbaum dan orang-orang Yahudi Sekuler untuk merebut Palestina dan mendirikan sebuah negara Israel di sana dengan Yerusalem sebagai ibukotanya. Gagasan ini mengundang pro dan kontra. Karena itu ada pera pendukung dan pengikut gerakan ini yang kemudian di sebut Zionis. Dan mereka yang kontra dan menolak di sebut anti Zionis. Tokoh-tokoh pendiri, pencetus serta pendukung setia gerakan zionis yang terkenal selain Nathan antara lain adalah:

  • Mathias Acher (1864-1973), Bapak perintis kebudayaan Yahudi

  • Dr. Theodor Herzl, seorang wartawan berkebangsaan Yahudi yang tingga di Austria

  • Dr. Chaim Weizmann, ahli kimia berkebangsaan Yahudi yang tinggal di Inggris

Para tokoh tersebut merupakan pencetus dan penyusun doktrin pendirian negara Israel yang di kongkritkan pada kongres Zionis sedunia pertama di Basel, Swiss pada tahun 1897. Setelah negara Israel terbentuk pada 15 Mei 1948, tujuan dari gerakan ini berupa dari mendirikan negara menjadi pembela negara.

Istilah Zionis identik dengan bangsa Yahudi, meski sebenarnya, sebagai sebuah paham, zionisme dapat di anut oleh siapa saja di seluruh Dunia dan tidak harus bangsa Yahudi. Oleh karena itu ada berbagai sebutan yang berhubungan dengan zionis seperti :

  • Zionis  Yahudi, orang yahudi yang mendukung zionisme

  • Zionis kriten, orang kristen yang mendukung zionisme

  • Muslim Zionis, orang muslim yang mendukung zionisme

  • Zionis barat, yaitu orang barat yang mendukung atau menganut paham zionisme

Sedangkan anti zionis merupakan sebutan bagi siapa saja yang menentang pembentukan negara Israel. Diantara yang menentang ada yang berasal dari kaum Yahudi sendiri. Kelompok ini kemudian di kenal sebagaii Yahudi anti Zionis.


Blog, Updated at: 7:49:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com