Loading...

Akar Adventif adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Akar adventif. Akar adventif adalah akar yang tumbuh tidak pada tempatnya. Akar adventif di sebut juga akar modifikasi. Akar adventif akan timbul dari 2 macam sumber, yaitu dari jaringan kalus dan dari akar morfologi primordial. Akar adventif dapat muncul dari batang, daun, ataupun keluar dari akar primer. Karena tidak tumbuh pada tempatnya, akar adventif di sebut juga akar liar atau akar advetisius.

akar banirAkar adventif memungkinkan tumbuhan dapat berkembang biak secara aseksual atau secara vegetatif. Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif merupakan tumbuhan yang mempunyai akar adventif. Akar adventif banyak sekali jenisnya, diantaranya adalah:

Jenis-jenis akar Adventif

1. Akar napas
Akar nafas adalah akar yang naik ke atas tanah, khususnya ke atas air seperti pada tanaman bakau. Akar nafas berfungsi untuk penyerap air dan fotosintesis.

2. Akar gantung
Akar gantung adalah akar yang sepenuhnya berada di atas tanah. Akar gantung terdapat pada tumbuhan epifit, dan berfungsi untuk memudahkan tumbuhan epifit menempel pada inangnya.

3. Akar banir atau akar papan
Akar banir adalah akar yang tumbuh menonjol diatas tanah. Bentuknya seperti papan yang di di sanggahkan ke pohon. Akar banir berfungsi sebagai pengokoh berdirinya suatu pohon yang ukurannya biasanya relatif lebih besar dari dan ciri khas dari pohon yang tumbuh di hutan.

4. Akar penghisap
Akar penghisap adalah akar yang terdapat pada tumbuhan jenis parasit seperti benalu. fungsinya selain sebagai tempat melekatkan diri juga berguna sebagai alat penghisap sari makanan dari tumbuhan inang.


Blog, Updated at: 8:19:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com