Loading...

Manajemen Strategis adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Manajemen Strategis. Manajemen strategis adalah suatu kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar, menyeluruh, sistematis dan implementatif yang di buat oleh seorang pimpinan perusahaan atau pimpinan organisasi untuk mencapai tujuannya.  Manajemen strategis adalah seni dalam penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang berfokus pada proses penetapan tujuan, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran, serta menyiapkan alokasi dana dan sumberdaya manusia dalam penerapannya.  Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Dalam manajemen strategis ada tiga tahapan yang harus di lalui untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu:

  • Perumusan strategi,
  • Pelaksanaan strategi,
  • dan Evaluasi strategi

Pengertian Manajemen Strategis

Secara umum ada beberapa pendapat tentang pengertian strategis yang layak wajib untuk di ketahui. Diantaranya adalah:

Pengertian manajemen stratgis1. Pengertian manajemen strategis menurur  Pearch dan Robinson (1997)
Menurut  Pearch dan Robinson, manajemen stratejis adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi.

2. Pengertian manjemen strategis menurut Nawawi
Pengertian manajemen strategis menurut Nawawi adalah perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategi) yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi), dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan operaional untuk menghasilkan barang dan/atau jasa serta pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan (disebut tujuan strategis) dan berbagai sasaran (tujuan operasional) organsasi.

3. Pengertian dan definisi Manajemen Strategis menurut Ketchen (2009)
Ketchen mendefinisikan manajemen strategis sebagai analisis, keputusan, dan aksi yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Pengertian ini menggambarkan dua elemen utama manajemen strategis, yaitu:

  • Manajemen strategis yang berkaitan dengan proses yang berjalan (ongoing processes): analisis, keputusan, dan tindakan.
  • Manajemen strategis yang berkaitan dengan bagaimana manajemen menganalisis sasaran strategis (visi, misi, tujuan) serta kondisi internal dan eksternal yang dihadapi perusahaan. Selanjutnya, perusahaan harus menciptakan keputusan strategis.

Dari pengertian dan definisi manajemen strategis diatas dapat di simpulkan bahwa manajemen strategik adalah suatu sistem yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan, saling mempengaruhi dan bergerak kearah yang sama secara serentak. Manajeman strategis memiliki 2 komponen yang saling terkait dan terhubung antara satu sama lain tanpa bisa di pisahkan. Komponen tersebut adalah:

  1. Perencanaan strategi dengan unsur-unsurnya yang terdiri dari visi, misi, tujuan dan strategi utama organisasi.
  2. Perencanaan operasional, yang unsur-unsurnya antara lain adalah sasaran dan tujuan operasional, pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen berupa fungsi pengorganisasian, fungsi pelaksanaan dan fungsi penganggaran, kebijaksanaan situsional, jaringan kerja internal dan eksternal, fungsi kontrol dan evaluasi serta umpan balik.


Blog, Updated at: 7:35:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com