Loading...

Kelenjar Endokrin adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Kelenjar Endokrin. Kelenjar endokrin adalah kelenjar tanpa saluran atau kelenjar buntu yang berfungsi untuk menghasilkan hormon. Hormon ini kemudian di sekresikan langsung kedalam darah, di alirkan ke sel-sel organ yang berkepentingan sehingga pesan yang di bawah oleh hormon dapat di terjemahkan menjadi suatu tindakan. Di sebut kelenjar buntu karena hormon yang dihasilkan kelenjar ini langsung disekresikan kedalam darah tanpa melalui duktus atau saluran lainnya.

Pengertian Kelenjar Endokrin

kelenjar endokrinKelenjar endokrin di hasilkan oleh organ-organ endokrin. Kumpulan dari berbagai organ endokrin membentuk sistem organ. Setiap organ endokrin akan menghasilkan satu macam hormon yang di sebut dengan istilah hormon tunggal. Tetapi ada juga yang menhasilkan lebih dari satu hormon yang disebut hormon ganda. Hormon ganda ini diasanya terbentuk untuk pengatur kinerja organ endokrin lainnya. Sehingga muncul saling ketergantungan atau saling mempengaruhi antara suatu hormon terhadap aktivitas kelenjar endokrin lainnya. Kelenjar endokrin sangat banyak dan tersebar dari kepala hingga bagian bawah tubuh. Untuk mengetahui macam-macam kelenjar endokrin dapat di baca di SINI.

Keberadaan kelenjar endokrin sangat penting bagi tubuh. Karena sebagian besar, pertumbuhan dan perkembangan tubuh di pengaruhi oleh aktivitas hormon-hormon yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Jika salah satu saja ada yang tidak berfungsi dengan sempurna, maka perkembangan dan pertumbuhan tubuh akan terganggu. Secara umum, kelenjar endokrin memiliki beberapa fungsi yang sangat penting. Fungsi kelenjar endokrin antara lain adalah:
Fungsi Kelenjar Endokrin
  1. Menghasilkan hormon-hormon yang diperlukan oleh jaringan-jaringan dalam tubuh tertentu.
  2. Mengontrol dan merangsang aktifitas kelenjar tubuh.
  3. Merangsang pertumbuhan jaringan.
  4. Mengatur metabolisme, oksidasi, meningkatkan ab­sorpsi glukosa pada usus halus.
  5. Mempengaruhi metabolisme lemak, protein, hidrat arang, vitamin, mineral dan air.


Blog, Updated at: 7:13:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com