Loading...

Hipotalamus adalah | Pengertian dan Definisi Hypothalamus

Pengertian dan Definisi Hypothalamus. Hipotalamus atau hypothalamus adalah pusat pengendali fungsi tubuh dan sistem syaraf untuk menjaga agar kondisi tubuh kita selalu konstan dan stabil. Hipotalamus merupakan bagian kecil dalam otak tetapi mempunyai peranan yang sangat penting. Hipotalamus terletak tepat di bawah thalamus dan diatas kelenjar hipofisi (pituitari). Dalam kepala kita, hipotalamus adalah memiliki ukuran yang sangat kecil, kurang lebih sebesar almond dengan berat sekitar 1% dari berat otak. Namuns meski berukuran kecil, tetapi hipotalamus mempunyai peranan sangat penting dalam menjaga agar kita selalu dapat menjalani hidup ini secara berkualitas.

Pengertian dan definisi Hipotalamus

hipotalamusSemua hewan vertebrata memiliki hipotalamus. Hipotalamus mengandung sejumlah besar inti dan saluran serat. Sel-sel dalam dua inti utama mensekresi vasopresin ( ADH , hormon antidiuretik ), oksitosin, dan CRH ( corticotropin releasing hormone ). Dua inti utama yang terdapat dalam hipotalamus adalah inti supraoptik dan paraventrikular. ADH dan oksitosin kemudian diangkut menuruni akson melalui infundibulum ke neurohypophysis (posterior hipofisis), yang kemudian melepaskannya ke dalam aliran darah. Saluran ini disebut saluran supraopticohypophysial .

Hipotalamus memiliki banyak fungsi.  Salah satu di antara fungsi hipotalamus yang paling penting sebagai pusat kontrol autonom. Hipotalamus terhubung dengan sistem syaraf dan kelenjar hipofisis, sehingga hormon-hormon yang di sekresikan oleh hipotalamus akan mempengaruhi aktivitas keduanya. Kelenjar hipotalamus melepaskan neurohormon yang berpengaruh terhadap sistem syaraf autonom dan menjaga homeostasis sistem endokrin. Neuroendokrin menjaga homeostasis tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh, perilaku dan emosi.

Hipotalamus sangat peka terhadap steroid, glukokortikoid, glukosa dan suhu. Kerusakan hipotalamus kadang-kadang dapat juga terjadi. Ketika ini terjadi, neurohormonnya salah disekresikan, memberikan pesan saraf yang salah ke kelenjar yang berbeda dari sistem endokrin. Disfungsi hipotalamus dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya:

  • gangguan genetik,
  • kekurangan gizi,
  • perdarahan,
  • anoreksia & bulimia operasi,
  • tumor otak,
  • infeksi dan peradangan,
  • radiasi, dll.

Untuk mengetahui fungsi kelenjar hipotalamus dan macam-macam hormon hipotalamus dapat di baca di SINI dan di SINI.


Blog, Updated at: 7:36:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com