Loading...

Bromelin adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Bromelin.  Bromelin atau Bromelain adalah enzim yang terkandung di dalam tanaman nanas, baik batang ataupun buahnya. Enzim bromelin merupakan jenis enzim proteolitik yang di produksi sebagai hasil samping dari pembuatan jus nanas.  Untuk dapat di pasarkan bromelin dibuat dalam bentuk serbu ataupun padatan. Untuk itu bromelin cair biasanya di endapkan Bromelinterlebih dahulu dengan menambahkan amonium sulfat dan alkohol.  Enzim bromelin mempunyai banyak kegunaan, baik dalam bidang kuliner, industri ataupun kesehatan.

Pengertaian Bromelin

Bromelin di peroleh dengan cara mengekstrak buah nanas. Buah nanas muda lebih memiliki kadar bromelin yang lebih tinggi daripada nanas tua. Sebagai enzim proteolitik, bromelin mempunyai kemampuan untuk membantu mencerna protein. Karena itu seringkali jika kita melihat para tukang masak ingin mengempukan daging, mereka biasanya melumuri daging tersebut dengan parutan buah nanas sebelum dimasak sesuai keinginan.

Selain mempunyai kemampuan melunakan daging, enzim bromelin juga mempunyai manfaat yang sangat banyak, baik yang di sarankan ataupun yang tidak disarankan. Seperti pada wanita hamil yang ingin menggugurkan kandungannya. Mereka biasanya di sarankan untuk mengkonsumsi buah nanas muda. Hal ini karena enzim bromelin yang terkandung dalam nanas muda lebih banyak kadarnya dari pada buah nanas yang sudah tua. Kandungan asam dari enzim akan melemahkan leher rahim sehingga tidak kuat menahan janin. Itulah yang menyebabkan keguguran, terutama pada usia kehamilan yang masih muda.

Untuk mengetahui berbagai fungsi enzim bromelin dapat di baca di SINI.


Blog, Updated at: 1:30:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com