Loading...

Glutathion adalah | Pengertian dan definisi

Pengertian dan definisi Glutathion. Glutation adalah  senyawa antioksidan berupa tripeptida intraselular  yang berbentuk Gamma-Levo-glutamil-L-sisteinil-glisina yang disintesis di dalam sel dengan bantuan enzim spesifik dalam proses pembentukannya, contohnya adalah enzim G6PD. Setiap tubuh mempunyai kemampuan memproduksi glutathion. Tetapi seiring dengan pertambahan usia, produksi glutathion dalam tubuh menjadi berkurang, karena itu di perlukan asupan dari luar baik dari makanan yang banyak mengandung glutathion ataupun suplemen glutathion yang kini banyak di jual bebas di pasaran.

Jenis makanan yang mangandung glutathion antara lain adalah:

  • Jeruk
  • Tomat
  • Brokoli
  • asparagus
  • wortel
  • bayam, dll

Makanan yang memiliki kandungan Glutathion tertinggi adalah:

  • Daging mentah
  • Susu segar tanpa pasteurisasi
  • Telur ayam kampung mentah

suplemen glutathionGlutathion merupakan senyawa antioksidan yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Kemampuan antioksidan glutathion dalam menangkal radikal bebas adalah yang paling baik dari semua jenis antioksidan yang ada di dunia ini. Karena kemampuannya yang tinggi tersebut, maka glutathion sering kali di sebut dengan istilah the master antioxidant atau the mother of all antioxidants. Sebagai antioksidan penting, glutathion dapat di temukan di hampir semua organ tubuh, seperti paru-paru, kulit, darah, dll. Tetapi kosentrasi paling tinggi terdapat di dalam hati. Hal ini mungkin berhubungan dengan kemampuan glutathion melakukan  detoxification dengan cara menetralisir zat-zat beracun yang masuk kedalam tubuh.

Glutathion dapat di temukan dalam bentuk molekul reduksi tiol yang disebut GSH, dan berbentuk disulfida teroksidasi. Menurut wikipedia, GSH dikenal sebagai kofaktor anti-oksidan terhadap spesi oksigen reaktif dan senyawa lipid hidroperoksida, dengan enzim glutathion peroksidase dan golongan glutathion s transferase (GST). Meskipun beberapa spesi reaktif dapat membentuk adduct secara langsung terhadap GSH, umumnya reaksi adduct tersebut terjadi dengan senyawa GST sebagai katalisator.  Yang merupakan senyawa adduct GSH diantaranya adalah thiadiazabicyclo-ONE-GSH (TOG), Leukotriena, etc. Senyawa jenis thiadiazabicyclo-ONE-GSH (TOG) yang merupakan adduct GSH dengan 4-hydroperoxy-2(E)-nonenal (ONE) merupakan produk terbanyak yang terbentuk sepanjang stres oksidatif yang dimediasi oleh Fe(II) atau peroksida pada sel endotelial, kedua jenis senyawa TOG merupakan adduct GSH dengan asam dioksododesenoat dan asam dioksooktenoat. Kedua senyawa ini, yaitu asam dioksododesenoat dan asam dioksooktenoat merupakan dua senyawa yang diturunkan dari terminus karboksi lipid hidroperoksida.

Sebagai antioksidan, glutathion mempunyai kemampuan untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat dari aktivitas radikal bebas, seperti misalnya penuaan dini, penyakit kronis, dll. Bahkan kulit yang lembut dan halus dapat di peroleh dengan asupan glutathion yang baik. Asupan glutathion juga dapat di peroleh dengan cara mengkonsumsi suplemen glutathion. Salah satu merek suplemen glutathion yang banyak beredar di pasaran adalah  Glutera.


Blog, Updated at: 8:56:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com