Loading...

Lotus Birth adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Lotus Birth. Lotus birth adalah metode persalinan bayi yang berlangsung tanpa  pemotongan tali pusat. Artinya, setelah proses kelahiran terjadi, tali pusat bayi di biarkan tetap terhubung dengan plasentanya untuk beberapa lama atau hingga terputus dengan sendirinya. Lotus birth merupakan suatu metode persalinan yang saat ini sedang populer dan marak di perbincangkan baik di kalangan masyarakat atapun dunia kebidanan. Karena meski banyak klaim yang menyebutkan keuntungan yang di peroleh oleh si bayi jika terlahir dengan metode ini, namun hingga kini, belum ada hasil penelitian resmi yang dapat di jadikan alasan yang tepat kenapa metode persalinan lotus birth sebaiknya di lakukan.

Pengertian dan Definisi Lotus Birth

Pada metode Persalinan lotus birth, tali pusat yang menghubungkan bayi dengan plasenta tidak di potong dan di biarkan tetap terhubung hingga beberapa waktu lamanya atau sampai terputus sendiri. Para ahli berpendapat bahwa setelah kelahiran, penyaluran darah, nutrisi dan oksigen dari plasenta ke bayi sebenarnya masih berlangsung. Dengan memotong tali pusat, sama artinya mengakhiri penyaluran tersebut sebelum waktunya sehingga di duga ada zat-zat penting yang masih tersimpan dalam plasenta yang belum di salurkan kepada bayi.

Lotus birth sendiri sebenarnya adalah metode persalinan tradisional yang dahulu banyak di jumpai di masyarakat Bali. Tapi karena repotnya menanggani bayi yang masih terhubung dengan tali pusat, maka metode persalinan ini tidak populer. Baru setelah ada penelitian dari para ahli kesehatan di University of South Florida pada tahun 2010, metode persalinan lotus birth terkenal di dunia.

Menurut para penganut metode persalinan lotus birth, metode ini memiliki banyak keuntungan untuk si bayi, diantaranya:

  • Mencegah bayi dari terkena anemia
  • Mencegah bayi menderita penyakit kuning yang biasa menjangkiti bayi baru lahir
  • Menambah dan menjaga volume sel darah merah bayi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga si bayi tidak mudah sakit
  • Mencegah kemungkinan terjadinya infeksi karena luka saat pemotongan tali pusat, dll

Selain memiliki keuntungan, metode lotus birth ini juga mempunyai kelemahan, yaitu karena plasenta dan bayi masih tetap terhubung maka akan menimbulkan kerepotan dan tidak leluasa ketika si ibu atau keluarga akan memandikan, mengendong atau menyusui si bayi. Karena plasenta yang masih terhubung dengan bayi harus di tempatkan dalam suatu wadah terpisah, sehingga kalau mau kemana-mana, wadah tersebut harus di ikut sertakan juga. Namun para ibu modern, tidak keberatan kerepotan asal memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi si bayi di kemudian hari. 


Blog, Updated at: 9:46:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com