Loading...

Koagulasi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Koagulasi. Koagulasi adalah proses perubahan cairan atau larutan menjadi gumpalan-gumpalan lunak baik secara seluruhan ataupun hanya sebagian. Atau dengan kata lain, koagulasi adalah proses penggumpalan suatu cairan atau larutan sehingga terbentuk padatan lunak ataupun keras seperti gel. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) definisi koagulasi adalah suatu kata yang berhubungan dengan keadaan atau perihal menjadi keras atau padat, baik secara keseluruhan ataupun sebagian cairan sebagai akibat dari perubahan kimiawi. Contoh koagulasi yang paling mudah adalah mengeraskan telur saat di panaskan, menggumpalnya darah saat mengalir keluar dari tubuh, pengerasan yang terjadi pada protoplasma, menggumpalnya susu yang basi, dll.

Pengertian dan definisi Koagulasi

Peristiwa Koagulasi seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Saat kita memasak, membuat adonan, terkadang tanpa kita sadari seringkali benda-benda itu mengalami koagulasi baik karena peristiwa fisika maupun kimia. Seperti saat kita membuat tahu, proses penggumpalan susu kedelai  sehingga menjadi gumpalan-gumpalan kecil sebelum kemudian di press sehingga berbentuk menjadi tahu yang kita kenal, merupakan suatu proses koagulasi.

Dalam ilmu kimia, koagulasi selalu berhubungan erat dengan sistem koloid. Dalam ilmu kedokteran, koagulasi biasanya berkaitan dengan darah. Dalam kuliner, koagulasi yang terkenal dan merupakan contoh paling mudah adalah pengerasan yang terjadi pada telur saat di rebus ataupun di goreng. Koagulasi tidak terjadi dengan sendirinya. Tetapi ada faktor-faktor yang menyebabkan koagulasi itu terjadi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan proses koagulasi antara lain adalah:

  • Pemanasan, contohnya: santan yang di panaskan.
  • Penambahan koagulan, contohnya pada pembuatan tahu
  • Aktivitas mikroba atau enzim, contohnya pada susu yang basi, dll.


Blog, Updated at: 4:23:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com