Loading...

Kafein adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Kafein. Kafein adalah zat alkaloid yang di temukan pada berbagai jenis tanaman terutama tanaman  kopi, cola, teh dan lain sebagainya. Kafein berfungsi sebagai zat stimulan untuk sistem syaraf pusat, zat perangsang serta dapat menangkal katuk dan mengembalikan kewaspadaan. Tetapi efek sampingnya, kafein memiliki potensi menyebabkan penyimpangan kromoson yang bersifat mutagenik.

Pengertian dan definisi Kafein

Kafein dalam bentuk ekstraksinya berupa kristal putih panjang tanpa warna dan berasa pahit. Kafein pertama kali di temukan dalam biji kopi oleh seorang ilmuwan Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819. Disebut kafein karena zat ini di temukan pada tanaman kopi. Sedangkan zat serupa yang di temukan pada tanaman gurana di sebut guaranina. Yang di temukan pada tanaman teh di sebut teina. Karena begitu banyak naman yang di gunakan padahal merujuk pada zat yang sama sehingga dapat menyebabkan kerancuan, maka akhirnya zat tersebut secara aklamasi di sebut dengan kafein, sebagai komponen yang paling banyak di temukan pada biji kopi.

Pada awalnya, kafein di gunakan dalam bidang pengobatan, baik obat manusia maupun sebagai pestisida alami beberapa jenis serangga. Kafein termasuk dalam golongan zat psikoaktif karena dapat merangsang sistem syaraf pusat. Kemampuan kafein sebagai obat perangsang dan stimulan sering kali di gunakan sebagai obat penahan kantuk sementara yang sangat laku di dunia. Kafein biasanya di tambahkan dalam berbagai jenis minuman berkarbonasi (minuman ringan) dan minuman energi. Meski tergolong dalam zat yang memiliki sifat psikoaktif, kafein dapat di konsumsi secara legal dan penggunaanya tidak di batasi oleh hukum.

Kafein telah di kenal sejak zaman batu. Di Cina zat ini pertama kali di temukan dalam daun teh. Karena pada masa itu, kopi masih belum menyebar ke seluruh pelosok dunia seperti sekarang. Kopi sebagai sumber terbesar zat kafein merupakan tanaman khas daerah Ethiopia yang kemudian populer di Persia hingga kemudian tersohor di seantero dunia. Orang mengkonsumsi kopi pada awalnya adalah agar tetap bisa terjaga sepanjang waktu. Tanpa mengalami disorientasi. Untuk beberapa waktu mungkin kopi dapat membantu. Tetapi otak juga butuh istirahat, terlalu sering tidak tidur akan menyebabkan otak lelah sehingga kinerjanya tidak lagi efektif. 

Penelitian modern menyatakan bahwa meski kafein dapat menyebabkan kecanduan, namun zat ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat dan khasiat kafein diantaranya adalah:

  • Mencegah kantuk
  • Merangsang sistem syaraf agar selalu awas
  • Mengurangi sakit kepala seperti vertigo
  • Mempertajam daya ingat
  • Melancarkan buang air kecil (bersifat diuretik)
  • Mencegah alzeimer dan parkinson (dalam taraf penelitian), dll.


Blog, Updated at: 7:39:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com