Loading...

Pemuaian adalah | Pengertian dan definisi

Pengertian dan definisi pemuaian. Pemuaian adalah berubahnya ukuran suatu benda karena pengaruh suhu. Memuai adalah lawan kata dari mengkerut. Pemuaian biasanya terjadi jika suatu benda di panaskan. Tidak semua benda yang di panaskan akan memuai. Hanya benda-benda tertentu saja, terutama yang terbuat dari logam, seperti besi. Kayu pun mengalami pemuaian jika terpapar pada suhu yang tinggi. Benda gas dan benda cair juga mengalami pemuaian jika di pemuaian panaskan. Meski sama-sama mengalami pemuaian, tetapi pemuaian tiap-tipa benda berbeda tergantung pada suhu di sekitar dan koefisien muainya.

Jenis-jenis Pemuaian

Pemuaian dapat terjadi pada 3 bentuk zat yang terdapat di alam semesta. Yaitu zat padat, zat cair dan zat gas. Pemuaian yang terjadi pada zat padat berbeda dengan pemuaian yang dialami oleh zat cair dan zat gas. Zat padat sesuai dengan bentuknya biasa mengalami 3 jenis pemuaian, yaitu pemuaian panjang, pemuaian luas dan pemuaian volume. Sedangkan pada zat gas dan cair hanya mengalami satu jenis pemuaian saja, yaitu pemuaian volume. Karena itu secara umum, pemuaian di bedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Pemuaian Panjang

Pemuaian panjang hanya terjadi pada benda padat saja. Pemuaian panjang dialami oleh benda yang memiliki 1 dimensi. Pada pemuaian panjang nilai lebar dan tebal benda sangat kecil dibandingkan dengan nilai panjang benda tersebut. Sehingga lebar dan tebal dianggap tidak ada. Contoh benda yang hanya mengalami pemuaian panjang saja adalah kawat kecil yang panjang sekali. Pemuaian panjang dapat diamati menggunakan alat Musschenbroek.

2. Pemuaian Luas

Pemuaian luas terjadi pada benda padat apabila benda itu memiliki ukuran panjang & lebar sedangkan tebalnya sangat kecil dan dianggap tidak ada. Contoh benda yang mempunyai pemuaian luas adalah lempeng besi yang lebar sekali tetapi sangat tipis dan lembaran kaca.

3. Pemuaian Volume

Pemuaian volum terjadi pada benda padat yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi serta pada benda gas dan benda cair. Contoh benda yang mengalami pemuaian volume adalah kubus, air dan udara. Meski sama-sama mengalami pemuaian volume, tetapi hasil pemuaian yang terjadi pada suhu yang sama akan berbeda. Karena ketiga jenis benda tersebut memiliki koefisien muai volume yang berbeda.

Untuk mengetahui pengertian dan definisi Koefisien Muai dan jenis-jenisnya, silah masukan keyword Koefisien Muai di kotak pencarian.


Blog, Updated at: 4:37:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com