Loading...

Hormon adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Hormon. Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel kelenjar ( kelenjar endokrin ) yang berfungsi untuk membawa pesan kimiawi dari satu sel ke sel lainnya. Semua organisme multiseluler termasuk manusia, tumbuhan dan hewan, memproduksi hormon. Setiap hormon yang di produksi oleh suatu kelenjar tertentu mempunyai sel target yang khusus sehingga dapat mengikat protein reseptor di permukaan selnya dan mengirimkan pesan kimiawinya. Hormon ada yang bersifat berdiri sendiri tetapi juga ada yang produksinya di pengaruhi oleh hormon lain.

Hormon memiliki peran yang sangat penting dalam metabolisme tubuh manusia, seperti hal nya enzim. Bedanya, kalau enzim memiliki kemampuan untuk mempercepat suatu reaksi metabolisme, sedangkan hormon mempunyai peranan penting untuk mengontrol fungsi tubuh dan menentukan tingkat metabolisme. Peranan penting hormon pada tubuh manusia antara lain adalah:

Peranan Hormon

  • Peranan Psikologis, mengatur suasana hati atau mood seseorang.
  • Peranan Fisik, menyebabkan munculnya bentuk fisik yang berbeda antara pria dan wanita.
  • Peranan dalam sistem reproduksi, mengontrol kinerja organ-organ reproduksi.

Hormon di produksi oleh sel-sel kelenjar hormon yang tersebar di beberapa bagian dalam tubuh manusia. Kelenjar yang memproduksi hormon di sebut kelenjar endokrin. Produksi hormon dalam kelenjar endokrin di atur oleh hipotalamus yang terdapat dalam otak. Kelenjar endokrin yang paling banyak memproduksi hormon adalah kelenjar pituitari atau disebut juga kelenjar hipofisis. Setiap hormon mempunyai fungsi yang berbeda-beda meski terkadang ada juga yang memiliki fungsi saling mendukung antara satu hormon dengan hormon yang lain seperti merangsang ataupun menghambat produksi hormon lain. Fungsi hormon diantaranya adalah:

Fungsi Hormon

  • Mempengaruhi metabolisme glukosa, protein & lemak di seluruh tubuh
  • Mengendalikan perkembangan ciri seksual & sistem reproduksi wanita
  • Mengendalikan pembentukan & pelepasan hormon oleh korteks adrenal
  • Mengendalikan tekanan darah
  • Merangsang pembentukan & pelepasan hormon oleh kelenjar tiroid
  • Merangsang pembentukan sel darah merah, dll

Untuk mengetahui jenis-jenis hormon yang memiliki fungsi seperti fungsi hormon diatas, silah baca Jenis-jenis Hormon Penting dan fungsinya atau Macam-macam Hormon dan fungsinya di SINI.


Blog, Updated at: 10:56:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com