Loading...

Buah adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Buah. Buah adalah bagian dari tanaman yang berasal dari bunga. Buah di hasilkan dari penyerbukan putik oleh benang sari. Didalam buah terdapat biji, yang merupakan bagian penting bagi tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif. Karena biji nantinya jika di tanam akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru yang mempunyai sifat seperti kedua induknya. Setiap buah berasal dari bunga, tapi tidak setiap bunga menghasilkan buah. Contoh bunga yang menghasilkan buah adalah mangga, jambu, rambutan. Sedangkan bunga yang tidak menghasilkan buah adalah tanaman bunga-bungaan seperti melati. Sebagian besar buah menghasilkan biji, tetapi ada juga buah yang di buat Pengertian Buah dengan rekayasa genetik agar tidak berbiji. Contohnya adalah buah semangka non biji.

Buah identik dengan bahan pangan yang dapat di makan mentah atau tanpa di olah dulu. Dalam keseharian kita, buah seringkali dianggap sebagai pencuci mulut, karena biasanya orang akan menyantap buah setelah selesai makan. Meskipun sebenarnya, tidak ada peraturan yang mengatakan bahwa buah hanya bisa di makan setelah makan. Kapan pun anda sempat, memakan buah tertentu dengan porsi tertentu dalam waktu tertentu adalah di anjurkan. Bahkan ada juga buah yang banyak mengandung karbohidrat sehingga sesekali dapat menjadi sumber energi, seperti pisang. Di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis, kita banyak menemui berbagai jenis buah-buahan yang di beberapa tempat di belahan dunia tidak di temukan. Contohnya buah durian. Tetapi ada juga sayur yang bentuknya seperti buah, maka di anggap sebagai buah. Ini merupakan anggapan yang salah.

Seringkali terdapat kerancuan dalam mengklasifikasikan antara buah dan sayuran yang secara fisik berbentuk seperti buah misalnya timun, labu siam, tomat, terong, cabe, dll. Secara prinsip keduanya termasuk kedalam tanaman hortikultura. Perbedaan yang jelas antara tanaman buah-buahan dengan tanaman sayuran terletak pada umur tanamannya. Tanaman buah-buahan pada umumnya mempunyai umur yang relatif panjang bila dibandingkan dengan umur tanaman sayuran. Bahkan ada tanaman buah yang umurnya mencapai puluhan tahun. Tetapi sayuran tidak. Sayuran meskipun berbentuk buah masanya tidak akan lama. Itulah cara membedakan buah-buahan asli dan sayuran.

Berdasarkan sifat dan karekteristiknya, buah-buahan di kelompokan menjadi beberapa golongan, yaitu:

1. Buah berdasarkan musim berbuahnya

  • Buah musiman, contonya: durian, mangga, kedondong, duku, rambutan, dll
  • Bukan buah musiman, contohnya: nanas, pisang, pepaya, jambu air, dll

2. Buah berdasarkan iklim tempat tumbuhnya

  • Buah tropis, buah dari tanaman yang tumbuh iklim panas atau tropis
  • Buah sub tropis, buah dari tanaman yang tumbuh di iklim sedang

3. Buah berdasarkan proses pematangannya

  • Buah klimaterik, yaitu buah yang setelah di panen dapat menjadi matang hingga terjadi pembusukan. Contohnya: pisang, pepaya, mangga, jambu biji, apel, dll.
  • Buah non klimaterik, yaitu buah yang setelah di panen tidak akan mengalami proses pematangan tetapi langsung kearah pembusukan. Contohnya: semangka, nanas, anggur, jambu air, dll

Buah-buahan dapat di komsumsi dalam keadaan segar ataupun melalui proses pengolahan dan pengawetan seperti dulu. Setelah teknologi pengalengan menjadi sangat populer, ada juga buah yang di olah untuk kemudian di kalengkan. Pengalengan buah yang terkenal adalah buah nanas dan buah leci.


Blog, Updated at: 10:19:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com