Loading...

Generator Van De Graaff adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Generator Van De Graaff. Generator Van De Graaff adalah suatu alat pembangkit listrik statis yang di ciptakan oleh fisikawan Amerika Robert J. Van De Graaff pada tahun 1829. Generator Van de Graaff menjadi sumber tegangan tinggi untuk mempercepat partikel subatomik dengan kecepatan tinggi, membuatnya menjadi alat yang Generator Van De Graaff berguna untuk penelitian fisika fundamental. Salah satu model generator Van de Graff yang ada di Indonesia terdapat di Pusat Peragaan Iptek di Taman Mini Indonesia Indah.

Sebuah generator Van De Graff terdiri dari beberapa bagian penting yang membuat alat bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Komponen penting Generator Van De Graff antara lain adalah:

  1. 2 buah Sisir logam, yang berfungsi sebagai elektroda. Terdapat di bagian atas dan bawah roller sabuk karet.
  2. Sabuk karet, penghantar elektron ke kubah logam
  3. Kubah logam utama, berfungsi sebagai tempat berkumpulnya elektron.
  4. Motor listrik, memutar roler dan mengerakan sabuk konveyor karet.
  5. Cincin baja / kubah logam berukuran kecil, penyambut lepasan muatan listrik dari kubah utama

Sebuah generator Van De Graaf dapat menghasilkan beda potensial hingga 5 megavolt. Kubah logam skema generator van de graaffmampu menyimpan muatan elektron yang dapat mengasilkan percikan petir yang terlihat. Prinsip kerja Generator Van De Graaff hampir sama dengan fenomena listrik statis yang di temukan oleh  Thales of Miletus. Yaitu berasaskan gesekan yang terjadi pada 2 benda yang berbeda. Salah satunya merupakan konduktor sedangkan yang lain adalah resistor (isolator).

Mekanisme dan prinsip kerja Generator Van De Graaff

Generator Van de Graff memiliki prinsip kerja yang sama dengan listrik statis penemuan Thale of Miletus. Elektron bebas di hasilkan dari gesekan yang terjadi antara sisir logam dan sabuk karet. Sbuk konvenyor karet yang bergerak keatas membawa eletron menuju kubah logam. Sedang sisi lain sabuk konveyor yang bergerak kebawah, membawa proton menuju ke tanah untuk di netralkan. Ketika elektron kian banyak terkumpul di kubah utama dan mempunyai beda potensial yang sangat tinggi, maka akan terjadi loncatan listrik dari kubah utama ke arah cincin baja atau kubah logam kecil sehingga tercipta percikan yang petir yang kasat mata. Generator Van De Graaff dengan beda potensial yang kecil jika di pegang kubah logamnya akan menyebabkan rambut seseorang berdiri tegak ke arah yang berlawanan. Hal ini di sebabkan karena adanya elektron yang berpindah ke ujung rambut dan saling bertolakan.


Blog, Updated at: 11:31:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com