Loading...

Vitamin adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Vitamin. Vitamin adalah molekul organik yang di perlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan dan perkembanganya. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh di pengaruhi oleh proses metabolisme yang berjalan dengan baik dan seimbang. Dan salah satu fungsi vitamin adalah mengatur proses metabolisme tubuh. Vitamin merupakan golongan mikronutrisi yang di perlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit tetapi penting, tidak bisa di gantikan dan harus terpenuhi. Karena jika tubuh sampai kekurangan vitamin maka akan menimbulkan penyakit. Untuk mengetahui jenis-jenis penyakit akibat kekurangan vitamin silah baca di SINI.

Vitamin adalah Istilah vitamin di cetuskan oleh seorang ahli kimia Polandia bernama Funk  yang memberi nama zat penangkal beri-beri yang larut dalam air dengan sebutan vitamin. Vitamin berasal dari kata Amina (gugus organik yang mengandung atom N) dan vita yang artinya hidup. Padahal sebenarnya vitamin sama sekali tidak mengandung gugus N seperti yang dimaksudkan oleh namanya. Tetapi karena sudah terbiasa, maka istilah yang di gunakan untuk menyebut mikronutrisi penting tersebut tidak di rubah hingga sekarang.

Vitamin tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia dalam jumlah yang cukup sesuai dengan yang di perlukan. Bahkan hampir sebagian besar vitamin tidak di buat oleh tubuh manusia kecuali vitamin D. Oleh karena itu kebutuhan vitamin harus di penuhi dari luar tubuh melalui makanan yang di konsumsinya. Tidak semua bahan pangan memiliki vitamin dalam bentuk aktif, bahkan banyak diantaranya yang masih berbentuk provitamin atau calon vitamin. Provitamin ini kemudian di serap oleh tubuh dan di ubah menjadi vitamin dalam bentuk aktif sehingga bisa di manfaatkan sesuai dengan fungsinya.

Vitamin banyak sekali jenisnya. Hampir semua vitamin yang kita kenal saat ini adalah hasil identifikasi yang di lakukan oleh para ilmuwan sejak tahun 1930.  Pada umumnya, vitamin di kelompokan menjadi 2 golongan, yaitu:

  1. Vitamin yang larut dalam lemak yaitu : vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K yang kemudian di kenal dengan sebutan vitamin ADEK.
  2. Vitamin yang larut dalam air, yaitu: vitamin B dan vitamin C.

Bahan pangan yang menjadi sumber utama vitamin adalah buah-buahan dan sayuran. Ada juga sebagian kecil binatang yang dapat di jadikan sumber vitamin, seperti beberapa jenis ikan yang merupakan sumber vitamin A. Untuk mengetahui jenis-jenis bahan pangan sumber vitamin silahkan lihat artikelnya di SINI.


Blog, Updated at: 11:18:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com