Loading...

Kue adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Kue. Kue adalah penganan atau makanan ringan yang di buat dari campuran berbagai bahan pangan dan memiliki bentuk dan jenis yang beraneka ragam. Pada awalnya, kue merupakan istilah yang di gunakan untuk menyebut penganan tradisional atau oriental. Namun kemudian di generalisasikan oleh masyarakat untuk menyebut segala bentuk makanan yang bukan makanan utama. Tak perduli apakah itu oriental ataupun kontinental. Semua selama bukan merupakan makanan utama maka di sebut kue.

Pengertian Kue Kue bermula dari kata kueh yang berasal dari bahasa cina dalam dialek Hokkien. Lalu kata itu di serap kedalam bahasa melayu dan menjadi kue untuk lidah orang Indonesia atau kuih dalam dialek melayu. Teknik membuat kue yang baik kemudian di pelajari secara khusus dalam suatu bidang ilmu yang di sebut dengan Teknologi Patiseri.

Secara umum kita mengenal 3 jenis kue yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Ketiga jenis kue tersebut adalah:

1. Kue basah

Kue basah adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kue yang bertekstur lembut, empuk dan relatif basah. Kue jenis ini biasanya memiliki umur simpan yang pendek karena kadar airnya tinggi di bandingkan kue-kue yang lain. Kue basah identik dengan kue tradisional atau kue oriental. Hal ini karena umumnya kue tradisional terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga lekas basi. Kue basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng.

2. Kue Kering

Kue kering adalah istilah yang di gunakan untuk menyebut kue yang teksturnya keras dan renyah karena memiliki kadar air yang sangat minim. Kue kering mempunyai daya simpan yang sangat tinggi. Bahannya bisa dari apa saja,  tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu. Cara memasaknya biasanya di goreng atau di panggang dalam oven. Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies.

3. Bakery

Bakery adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penganan yang berupa roti, cake, pastri, dan sejenisnya. Disebut bakery karena penganan ini dimasak dengan cara di panggang. Meski ada sebagian yang terkadang dapat di masak dengan cara di goreng. Bahan dasar bakery pun selalu sama, yaitu tepung terigu, lemak, gua, telur, garam dan cairan baik yang berupa air ataupun susu. Di bandingkan ke dua jenis kue diatas, bakery mempunyai keistimewaan dalam hal aroma. Aromanya sangat lezat dan dapat tercium dari jarak yang relatif jauh.

Ketika zaman telah modern, produk kue pun menjadi seakin beragam. Terjadi perpaduan resep di sana-sini sehingga tercipta kue jenis baru. Namun begitu, pada dasarnya bahan untuk membuat kue tetap sama. Untuk mengetahui apa saja bahan-bahan untuk membuat kue silah baca di SINI.


Blog, Updated at: 10:09:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com