Loading...

Jembatan Keledai adalah | Pengertian dan definisi

Pengertian dan definisi Jembatan Keledai. Jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu agar lebih mudah. Jembatan keledai ini dapat berupa kalimat yang di bentuk dari kata atau suku kata yang di rangkai menjadi satu sehingga terbentuk kalimat. Semakin menarik suatu jembatan keledai, maka semakin mudah dihapal. Jembatan keledai adalah salah satu teknik mnemonic yang bayak di sukai oleh banyak orang. Karena simple, mudah di ingat dan menyenangkan.

jembatan keledai Istiah jembatan keledai merupakan terjemahan kasar dari kata “Ezelsbruggetje” yang berasal dari bahasa belanda. entah mengapa cara menghapal dengan teknik ini di sebut jembatan keledai. Padahal keledai terkenal sebagai hewan dungu yang kepintaranya di bawah rata-rata alias bodoh. Ada kisah yang menyebutkan bahwa kebodohan seekor keledai adalah karena ketidak mampuannya dalam mengingat sesuatu. Saking bodohnya, seekor keledai tidak akan bisa mengingat jalan yang pernah di laluinya dengan baik. Sehingga kemungkinan keledai tersebut salah jalan, tersesat ataupun bahkan terjatuh di lubang yang sama dapat terjadi. Untuk membantu sang keledai maka di buatlah jembatan khusus untuk keledai tersebut.  Itulah yang kemudian di aplikasikan dalam kehidupan manusia dengan istilah jembatan keledai.

Teknik mengingat dengan cara jembatan keledai ini terkenal di seluruh dunia. Meski di beberapa tempat di kenal dengan istilah lain, seperti”

  • Donkey Bridge dalam bahas Inggris
  • Eselsbrücke dala bahasa Jerman
  • muistisääntö dalam bahasa Finlandia
  • pons asinorum dalam bahasa Latin
  • oslí můstek dalam bahasa Czech (Ceko)

dan masih banyak lagi istilah-istilah dalam bahasa lain yang artinya menjurus kepada istilah jembatan keledai. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan jembatan keledai sebagai cara untuk mengingat di kenal di seluruh penjuruh dunia.

Cara mengingat sesuatu dengan tehnik jembatan keledai dilakukan dengan cara menyusun kata atau suku saka dari hal yang akan di ingat. Susunan kata tersebut akan membentuk kata baru yang biasanya lucu. Kebiasaan manusia menyukai hal-hal yang lucu membantu mereka mengingat kalimat baru tersebut. Metode ini terbukti sangat efektif dan effisien sebagai cara untuk menyimpan memori jangka panjang dari pada menghapalkan nya langsung. Aplikasi jembatan keledai mencakup segala bidang. Terutama bidang pendidikan.

Anak usia sekolah terkadang lebih susah jika di haruskan menghapal buku pelajaran. Tetapi kalau menghapalkan lirik lagu, 1 jam saja sudah kelar. Tapi dengan jembatan keledai, cara menghapal lebih mudah dan mengairahkan sehingga kata-kata yang di sebutkan menjadi mudah untuk diingat. Berikut ini adalah beberapa contoh jembatan keledai dalam dunia pendidikan.

Contoh jembatan keledai

  • Mengingat warna pelangi ‘mejikuhibiniu’ => merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu
  • Mengingat nama-nama kerajaan tertua di dunia ‘Menumen Karet’ => Mesir, Nubia, Menemutara, Kartago, Ethiopia
  • Mengingat unsur-unsur golongan 2A (Kimia) ‘Bemo Mogok Cari Serep Ban Radial’ => Be Mg Ca Sr Ba Ra
  • dan lain-lain

Salah satu situs dunia maya yang mengkoleksi istilah-istilah jembatan keledai sebagai artikelnya adalah Jembatankeledai.com.  Jika ingin mengetahui berapa banyak istilah jembatan keledai yang telah di temukan silahkan berkunjung ke sana. Atau jika anda berhasil menciptakan satu istilah jembatan keledai silahkan juga berbagi di sana.


Blog, Updated at: 3:56:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com