Loading...

Improvisasi adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Improvisasi. Improvisasi adalah melakukan sesuatu tanpa persiapan. Biasanya terjadi secara serta merta karena di dukung oleh kondisi dan keadaan. Improvisasi bersifat spontan dan refleks. Biasanya di lakukan untuk mencairkan suasana atau sebagai pengisi waktu jeda. Improvisasi berhubungan erat dengan seni musik dan seni drama. Meski secara pengertian, definisi improvisasi dalam kehidupan dan dalam kesenian hampir sama, namun ada sedikit beda dalam hal yang di lakukan. Improvisasi membutuhkan spontanitas, kreatifitas, daya cipta, daya khayal serta kepiawaian improvisasi adalah dalam menguasai keadaan. Seseorang yang berjiwa terbuka, rileks dan percaya diri lebih mudah melakukan improvisasi dari pada mereka yang cenderung pemalu, penakut, dan selalu negatif thinking.

Dalam seni musik, improvisasi berarti penguasaan situasi secara spontan. Seperti misalnya anda sedang menyanyi, lalu kehilangan nada, dari pada membiarkan suasana menjadi kacau balau maka akan lebih baik kalau anda berimprovisasi dengan bersenandung atau menciptakan lirik sendiri.

Dalam seni drama atau teater, improvisasi berarti mengembangkan adegan di luar skenario dengan inisiatif sendiri dan tanpa pengarahan. Dalam acara-acara televisi yang di siarkan langsung, kita sering melihat para pelakunya melakukan improvisasi dengan tujuan untuk semakin memeriahkan acara. Imrovisasi dapat berupa gerakan-gerakan atau ucapan-ucapan penyeimbang untuk lebih menghidupkan pemeranan.

Pengertian Improvisasi dalam seni drama atau teater lebih menjurus pada latihan pengembangan dasar dari bentuk-bentuk pelatihan elemen dasar dalam teater (olah vokal, olah tubuh, olah pikir dan olah rasa serta teori-teori pemanggungan dasar) yang telah diperkenalkan lebih dahulu kepada para calon pemain. Improvisasi berfungsi menumbuhkan daya aktif, inisiatif, kreatif dan inovatif para pelakon.

Tapi tidak selamanya improvisasi berhasil menghadirkan hal-hal positif. Terkadang ada improvisasi yang gagal, di mana bukannya memperbaiki situasi malah memperkeruh suasana. Terlalu banyak melakukan improvisasi juga akan terkesan overacting. Improvisasi sewajarnya adalah lebih baik dari pada yang terlalu over.


Blog, Updated at: 1:10:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com