Loading...

Empulur adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Empulur. Empulur adalah jaringan yang letaknya di bagian terdalam dari batang tumbuhan berpembuluh. Empulur tersusun dari sel parenkim yang lembut yang menyimpan dan mengangkut nutrisi ke seluruh aagian tumbuhan. Pada tumbuhan dikotil, empulur terletak di tengah batang (stele) di kelilingi oleh pembuluh xylem. Pada tumbuhan monokotil, empulur meluas hingga akar dan batang bunga dan di apit oleh pembuluh xylem dan floem secara berselang-seling. Jaringan empulur mempunyai bagian yang aktif, yang terletak di bagian luar yang di sebut perimedular.

empulur Bentuk empulur pada berbagai jenis tumbuhan berbeda antara yang satu dengan yang lain. Ada empulur yang bentuknya lunak dan kering, ada yang memiliki rongga-rongga kecil. Pada beberapa tanaman, empulur di tengah batang dapat mengering dan hancur, sehingga batang berongga  dan terbentuk ruang kosong seperti pada  rumput-rumputan atau bambu.  Dan Ada juga tumbuhan yang empulurnya berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan seperti pada pohon sagu.

Empulur muda yang beru tumbuh biasanya berwarna putih pucat. Setelah dewasa akan berganti menjadi warna gelap hingga kecoklatan. Pada batang, empulur terlihat jelas saat tanaman masih berusia muda. Tapi di ranting atau cabang yang lebih tua, empulur akan di gantikan oleh pembuluh xylem. Empulur batang tersusun atas jaringan parenkim dan mempunyai ruang antar sel yang tersusun atas perikambium yang di sebut perisikel. Empulur mempunyai jari-jari yang berupa pita radier yang terdiri dari sederetan sel yang berfungsi sebagai alat angkut nutrisi ke arah radial. Pita radier ini kemudian seiring dengan bertambahnya umur tanaman akan membentuk lingkaran tahun.

Di beberapa tempat, di Indonesia, tanaman yang empulurnya berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan, di gunakan sebagai sumber karbohidrat dan pengganti makanan pokok. Meskipun karbohidrat dari empulur biasanya sangat beracun bagi hewan dalam bentuk mentah, namun setelah di olah akan menjadi sumber makanan manusia. Ada proses sederhana yang digunakan untuk mengekstrak pati dari empulur batang, sehingga racun bisa hilang dan yang tinggal hanya komponen yang bisa di makan saja. Untuk mengetahui cara ekstraksi pati dari empulur batang (sagu) bisa di lihat di SINI.


Blog, Updated at: 8:57:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com