Buta warna adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Buta warna. Buta warna adalah kelainan penglihatan yang berhubungan dengan ketidak mampuan mata untuk membedakan warna tertentu. Retina mata kita memiliki 2 jenis sel yang sensitive terhadap cahaya. Yaitu sel batang (rod cell) yang aktif pada cahaya rendah dan sel kerucut (cone cell) yang aktif pada cahaya intensitas tinggi / terang. Ketika kedua jenis sel tidak sempurna maka terjadilah kasus buta warna. Buta warna bukan berarti tidak bisa  melihat warna, tetapi hanya tidak bisa membedakan warna dan tingkat kecerahannya saja. Karena di dunia ini tidak ada orang yang tidak bisa melihat warna, kecuali orang buta.  Buta warna di bedakan kedalam 2 kategori, yaitu:
  • Buta warna Partial
  • Buta warna Total
table warna Buta warna partial adalah seseorang yang tidak bisa membedakan warna atau tingkat kecerahan suatu warna.  Sebagian besar penderita buta warna masuk dalam kategori buta warna partial. Sedangkan buta warna total adalah mereka yang hanya bisa mendeteksi warna hitam dan putih saja. Buta warna bukanlah suatu penyakit, tetapi kelainan genetik. Kelainan genetik ini masuk dalam kategori pautan sex (sex linked), karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya seorang lelaki lebih mungkin menderita buta warna jika ibunya seorang buta warna atau pembawa sifat buta warna. Sedangkan seorang perempuan yang lahir dari seorang buta warna kemungkinan hanya akan menjadi karier saja. Karena bukan penyakit, maka buta warna ini tidak bisa di sembuhkan. yang bisa hanya upaya pencegahan saja. yaitu mencegah agar jangan menikah dengan seseorang yang menjadi pembawa sifat buta warna.

Jenis-jenis Buta warna

Secara umum, ada 3 jenis buta warna, yaitu:

1. Buta warna Monokromasi
Buta warna Monokromasi adalah suatu kelainan di mana retina mata mengalami kerusakan total sehingga tidak dapat membedakan warna. Para penderita buta warna monokromasi hanya mengenal 2 jenis warna saja, yaitu hitam atau putih. Kedua warna ini mewakili warna-warna terang dan gelap. Warna terang akan terlihat putih dan warna gelap akan terlihat sebagai hitam. Kasus buta warna jenis ini sangat jarang di temui tetapi ada.

2. Buta warna Trikromasi
Trikromasi adalah suatu kelainan dimana sel kerucut pada retina mata tidak sensitif terhadap salah satu warna dasar. Seperti kita ketahui, semua spektrum warna berasal dari 3 warna dasar, yaitu merah, hijau, dan biru. Dan penderita butawarna trikromasi, tidak mampu membedakan salah satu waran tersebut dengan warna lain. Buta warna trikromasi adalah jenis buta warna yang di derita oleh banyak orang. Berdasarkan jenis warna yang tidak dapat di bedakannya, buta warna trikromasi terbagi menjadi 3, yaitu:
  • Protanomali, seorang buta warna yang lemah/ tidak sensitif terhadap warna merah.
  • Deuteromali, seorang buta warna yang lemah/ tidak sensitif terhadap warna hijau
  • Trinomali (low blue) , buta warna yang lemah/ tidak sensitif terhadapa warna biru.
3.  Buta warna Dikromasi
Buta warna Dikromasi adalah kondisi dimana 1 dari tiga sel kerucut pada retina tidak ada sehingga tidak dapat mendeteksi tingkat kecerahan suatu warna. Dikromasi juga di bedakan menjadi 3 jenis, yaitu:
  • Protanopia,  retina tidak memiliki sel kerucut warna merah sehingga tidak peka terhadap warna merah
  • Deuteranopia, retina tidak memiliki sel kerucut  warna hijau
  • Tritanopia, retina tidak memiliki sel kerucut biru
Buta warna biasanya tidak begitu di perhatikan, kecuali jika seseorang itu akan bekerja atau belajar di bidang yang membutuhkan kesempurnaan penglihatan, baru akan terlihat dampak negatifnya. Namun untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan, sebaiknya memang di lakukan pemeriksaan mata dan tes buta warna sejak dini. Untuk mendeteksi kelainan buta warna pada seseorang, digunakan table warna khusus yang dibuat dan di kembangkan oleh seorang ilmuwan jepang Dr. Shinobu Ishihara. Karena itu tabel ini di beri nama sesuai nama beliau yaitu Ishihara Test Plate. Meski tidak bisa di sembuhkan, bukan berarti tidak bisa di bantu. Para penderita buta warna kini dapat menutupi kelainan yang di milikinya itu dengan menggunakan kaca mata lensa warna yang memang di rancang khusus untuk mereka yang menderita buta warna. Kaca mata ini harganya
Comments
0 Comments

0 comments: