Loading...

Darah Tinggi adalah | Pengertian dan definisi Hipertensi

Pengertian dan Definisi Darah Tinggi. Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang berada di atas normal yang di tunjukan oleh 2 jenis pengukuran oleh alat pengukur tekanan darah atau Sfigmomanometer. Seseorang di katakan memiliki tekanan darah tinggi jika hasil pengkuran sistolik dan diastolik terus menerus berada diatas kisaran 140/90 mmhg atau lebih. Namun begitu berapa pastinya hasil pengukuran Sfigmomanometer yang tepat sehingga seseorang bisa di sebut menderita tekanan darah tinggi adalah beragam. WHO sendiri memberi batasan bahwa seseorang bisa di katakan menderita darah tinggi jika tekanan darahnya sama atau di atas 160/95 mmHg. Sedangkan beberapa ahli penyakit dalam memiliki pendapat lain. Pendapat mereka antara lain adalah:

1. Batasan darah tinggi menurut NM Kaplan

NM Kaplan memberi batasan bahwa :

  • Untuk wanita tekanan darah normal adalah 140/90
  • Untuk wanita tekanan darah tinggi adalah 160/95
  • Untuk pria tekanan darah normal adalah 130/90
  • Untuk pria tekanan darah tinggi adalah 145/95

2. Batasan darah tinggi menurut Gordon H Williams

Tekanan darah Sistolik Diastolik
Normal <140 <85
Normal tinggi 140-159 85-89
Hipertensi >159 >90

3. Batasan darah tinggi menurut National Institute of Health USA

Tekanan darah Sistolik Diastolik
Normal <119 <79
Pra Hipertensi 120-139 80-89
Hipertensi 1 140-159 90-99
Hipertensi 2 >160 100

Tanpa mengabaikan batasan-batasan yang telah di sebutkan di atas, di masyarakat secara umum, seseorang di katakan memiliki tekadan darah normal dengan mengabaikan hal-hal yang lain seperti tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah jika tekanan darahnya berkisar antara 120/80 mmHG. Kenapa di katakan berkisar, karena tekanan darah tersebut tidaklah bersifat stabil. Seseorang yang beraktivitas, seperti bekerja, berolah raga, tidur dan lain-lain akan mengalami peningkatan dan penurunan tekanan darah sesuai dengan jenis kegiatannya. namun begitu tidak akan jauh-jauh dari angka normal yang telah di patok sebelumnya.

Darah tinggi merupakan faktor utama penyebab peyakit pembuluh darah lainnya seperti stroke, gagal jantung, ginjal kronik, dan lain-lain. Darah tinggi selain di pengaruhi oleh faktor keturunan, juga karena pola makan dan gaya hidup. Penyakit ini tidak dapat di sembuhkan. Tetapi dapat di cegah dan diobati. Untuk mengetahui cara mengobati darah tinggi dapat di baca di SINI.


Blog, Updated at: 10:13:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com