Xylem adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Pembuluh Xylem. Xylem adalah jaringan pengangkut pada tumbuhan berpembuluh yang berfungsi Pembuluh Xylemuntuk meyalurkan nutrisi dari akar ke daun. Xylem merupakan jaringan kompleks yang terdiri dari beberapa sel  yang berbeda baik sel hidup maupun tak hidup. Xylem di sebut juga pembuluh kayu. Pembuluh kayu terbentuk dari sel-sel mati yang mengayu, bentuknya memanjang seperti sebuah saluran dimana antara saluran yang satu dengan saluran yang lain saling menyambung. Sel-sel xilem tidak memiliki protoplasma. Tapi memiliki parenkim kayu, yang mengisi ruang-ruang kosong di antara pembuluh dan membantu melekatkan pembuluh-pembuluh tersebut. Pembuluh xylem tersusun dari 4 elemen, yaitu:

Macam-macam Elemen Xylem

  • Trakeid,
  • Trakea / pembuluh kayu,
  • Parenkim xylem, dan
  • Serat xylem / serabut kayu

Trakeid tersusun atas sel-sel berbentuk lancip dan panjang dengan dinding sel yang berlubang-lubang. Dinding trakeid Xylem memiliki pori untuk meneruskan air dan mineral ke sel di sekitarnya. Serabut kayu atau serabut xilem berbentuk panjang dengan ujung-ujungnya saling berhimpit. Serabut xilem ukurannya lebih kecil dan lebih lancip daripada trakeid. Setiap bagian dari pembuluh xylem memiliki fungsi. Trakeid dan trakea berfungsi sebagai sarana transportasi. Parenkim xylem berfungsi sebagai alat perekat antar pembuluh serta tempat penyimpanan cadangan makanan, zat ergastik, dan substansi lain seperti zat tannin, Kristal, dll. Serabut xylem berfungsi sebagai pengokoh dan penguat. Berdasarkan asal terbentuknya pembuluh xylem di golongkan kedalam 2 jenis, yaitu:

Macam-macam Pembuluh Xylem

1. Pembuluh Xylem primer

Xylem primer adalah pembuluh sylem yang terbentuk dari prokambium. Berdasarkan proses terbentuknya, xylem terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Protoxilem, adalah xylem yang pertama kali terbentuk  yang kemudian berdiferensiasi dalam bagian tubuh primer yang belum selesai pertumbuhan.
  • Metaxilem, adalah xylem yang terbentuk kemudian ketika tubuh primer sedang tumbuh dan berkembang.

2. Pembuluh Xylem Sekunder

Xylem skunder adalah pembuluh xylem yang terbentuk dari kambium. Xylem sekunder memiliki parenkim yang berasal dari kambium yang berbentuk fusiform atau bentuk sel jari-jari, sehingga diperoleh sel-sel yang sumbu panjangnya mengikuti arah jari-jari organ.

Xylem merupakan suatu jaringan pengangkut yang kompleks. Terdiri dari berbagai macam bentuk sel. Pada umumnya sel-sel penyusun xylem merupakan sel-sel yang telah mati dengan dinding sel yang sangat tebal dan tersusun dari zat lignin yang dapat juga berfungsi sebagai jaringan penguat. Dalam tubuh tumbuhan berpembuluh, xylem dan floem berkerjasama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Comments
0 Comments

0 comments: