Proxy Server adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Proxy Server. Proxy server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu komputer dengan jaringan internet. Atau dalam kata lain, server proksi adalah suatu jaringan yang menjadi perantara antara jaringan lokal dan jaringan internet. Proxy server dapat berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungan komputer kita dengan jaringan luar.

Proxy Server Cara kerja proxy server sebenarnya sangat sederhana. Ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumberdaya dari public server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang di minta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah-olah dia adalah public server (internet). Dengan menggunakan proxy, maka identitas komputer menjadi tersembunyi. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

Contoh penggunaan proxy server adalah untuk mengakses jejaring sosial dari kator atau kampus.  Banyak pekerja kantoran dan mahasiswa yang tidak bisa mengakses jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter di lingkungan kantor atau kampus. Hal ini merupakan kebijakan dari pemilik koneksi, yang dimaksudkan agar  menganggu kosentrasi kerja atau belajar karena sibuk berjejaring sosial. Untuk menyiasati pembatasan itu, maka digunakanlah proxy server.  Dimana akan terlihat dari server kantor yang mengatur lalu lintas data, bahwa yang anda tuju adalah server proxy, bukan server Facebook atau Twitter. Sehingga pemblokiran tidak berlaku untuk anda. Atau sebaliknya.

Berdasarkan contoh diatas, maka dapat disimpulkan bahwa proxy server berfungsi, antara lain adalah:

  • Membagi koneksi
  • Menyembunyikan identitas (IP)
  • Memblokir situs yang tidak diinginkan
  • Mengakses situs yang di blokir
  • Melindungi dan menjaga komputer dari pencurian dan kebocoran data
  • Sebagai firewall dari situs-situs yang tidak terpercaya dan berbahaya
  • Sebagai media untuk menyimpan sejarah browsing dalam bentuk cache
  • Merubah topologi jaringa komputer anda, dan lain-lain.

Bagaimanakah cara menggunakan proxy server? Caranya sangat mudah. Pertama-tama anda harus menghubungi  penyedia layanan proxy. Berikut ini adalah daftar penyedia layanan proxy, diantaranya:

Atau anda juga bisa membuat layanan proxy gratis dengan menggunakan Google Appengine. Caranya adalah seperti yang di jelaskan oleh davitblog.com dalam artikelnya yang berjudul Cara Membuat Proxy Server Gratis dengan Google App.

Selain proxy server, ada juga reverse proxy yaitu sebuah proxy yang berada di sisi depan webserver yang digunakan untuk mengendalikan dan melindungi koneksi dan melakukan tugas-tugas seperti pengimbangan muatan (load balancing), dekripsi otentikasi, atau penembolokan (caching.


Blog, Updated at: Friday, September 20, 2013

0 comments: