Loading...

Prester John – Presbyter Johannes | Legenda Sang Raja


Prester John atau Presbyter Johannes adalah nama seorang raja yang populer di Eropa sejak awal abad 12 hingga abad 17. Kisah Prester John lebih merupakan sebuah legenda bible yang ingin di realisasikan kedalam kehidupan nyata. Karena hingga kini, bukti-bukti akan keberadaan kerajaan Prester John yang fenomenal, mistik masih dalam bentuk wacana. Ada yang bilang kerajaan Prester John terletak di India, Ethiopia, Cina, Arab, dan lain sebagainya. Hanya satu yang jelas, bahwa kerajaan itu terletak di belahan dunia timur.

Legenda sang Raja


Prester John memerintah kerajaan Kristen di timur. Dia adalah keturunan langsung dari tiga orang bijak (Magi/Majus). Kerajaan Prester John berdiri megah dilingkungan kaum muslim dan orang-orang kafir yang tidak mengakui Jesus sebagai tuhan. Laporan tertulis yang entah darimana asalnya menggambarkan kerajaan Prester John sebagai sebuah dunia yang dipenuhi dengan kekayaan alam, emas permata dan makhluk-makhluk mistis yang hanya bisa kita dengar dalam dongeng-dongeng fantasi abad pertengahan. Dikatakan bahwa kerajaan Prester John memiliki banyak keajaiban seperti pintu gate of Alexander dan Fountain of Youth serta berbatasan dengan surga dunia. Diantara harta kerajaan Prester John yang tak ternilai harganya adalah sebuah cermin ajaib, dimana dengan cermin itu, Prester John dapat mengawasi apa yang dilakukan rakyatnya.

Diabad pertengahan, kisah Prester John telah menjadi inspirasi bagi para petualang untuk menemukan nya. Bahkan Raja Portugis memerintahkan Vasco Da Gama untuk melakukan ekspedisi ke India dengan salah satu tujuan adalah untuk menemukan kerajaan Prester John.

Namun seiring dengan kemajuan Zaman, kisah Prester John dianggap sebagai legenda saja. Karena apa yang di ceritakan oleh laporan-laporan tertulis dan yang di kidahkan dari mulut ke mulut terlalu bagus untuk menjadi nyata. Akhirnya setelah realita terpisah dari khalayan, orang mulai berhenti melakukan ekspedisi dengan tujuan mencari kerajaan Prester John yang tersohor.


Blog, Updated at: 12:27:00 PM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com