Bunga Sempurna adalah | Pengertian dan Definisi


Pengertian dan Definisi Bunga SempurnaBunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat kelamin jantan dan betina secara bersama-sama dalam satu organ. Bunga sempurna di sebut juga bunga hemaprodit karena memiliki benang sari dan putik di dalam organ yang sama sehingga dapat mengalami penyerbukan sendiri. Jika bunga sempurna mempunyai semua bagian-bagian bunga, maka bunga tersebut termasuk dalam kategori bunga lengkap. Dalam kata lain, bunga lengkap adalah bunga sempurna. tetapi tidak semua bunga sempurna adalah bunga lengkap.  Bagian penting bunga yang harus terdapat pada bunga sempurna adalah:

4 bagian Penting Bunga Sempurna


Bunga Sempurna 1. Kelopak  bunga adalah bagian bunga yang terletak paling dekat dengan tangkai bunga. Bentuknya tidak indah jika di bandingkan dengan mahkota bunga. Kelopak bunga adalah tempat melekatnya mahkota bunga. Warna kelopak bunga biasanya hijau suram, tetapi ada juga yang mendekati warna mahkota bunganya bahkan ada yang tidak dapat di bedakan antara mahkota dan kelopak.

2. Mahkota Bunga  adalah bagian yang paling indah pada suatu bunga. Mahkota bunga mempunyai warna-warna yang beraneka ragam dan seduktif sesuai dengan fungsinya yaitu untuk memikat serangga. Mahkota bunga  mempunyai bentuk yang beraneka ragam juga sesuai dengan jenis tanamannya.

3. Benang sari adalah alat kelamin jantan pada bunga yang bentuknya seperti antena atau benang dengan suatu bagian tumpul diatasnya yang di sebut kepala sari.

4. Putik adalah alat kelamin betina pada bunga yang betuknya seperti corong terbalik dengan lubang kecil diatasnya, dan melebar di bagian pangkal. Di dalam putik tersimpal bakal biji yang jika dibuahi oleh benang sari akan berkembang menjadi buah.

Setiap bunga sempurna memiliki keempat bagian utama bunga tersebut. Jika ada bunga yang tidak memiliki salah satu atau salah dua dari ke empat bagian tersebut maka di sebut sebagai bunga tidak sempurna. Untuk mengetahui anatomi bunga sempurna bisa dilihat gambar di samping.
Bunga sempurna adalah bunga yang sebagian besar memiliki bentuk yang indah dan memukau. Contoh-contoh bunga sempurna antara lain adalah:
  • Mawar
  • Kembang Sepatu
  • Bunga Matahari
  • Bunga Tomat
  • Alamanda
  • Kamboja
  • Bunga Kopi
  • Bunga Strawberry


Blog, Updated at: Thursday, September 12, 2013

0 comments: