Pertumbuhan dan Perkembangan adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan adalah proses pertambahan ukuran, bentuk serta volume yang di iringi dengan proses menuju kedewasaan. Pertumbuhan dan perkembangan tidak hanya terjadi pada makhluk hidup tetapi juga dapat terjadi pada benda-benda lain yang mempunyai sifat yang hampir sama dengan makhluk hidup hanya saja tidak bernyawa. Contohnya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi, pertumbuhan dan perkembangan dunia pendidikan, dll.

Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup berbeda dengan pertumbuhan dan perkembangan benda mati. Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup bersifat irreversible dan berjalan secara simultan. Pertumbuhan adalah proses awalnya sedangkan perkembangan adalah proses menuju kesempurnaan. Dalam masa pertumbuhan akan terjadi proses diferensiasi dan morfogenesis. Sedangkan dalam proses perkembangan akan terjadi proses organogenesis sehingga makhluk hidup menjadi lengkap organnya dan siap untuk berkembang biak.

PENGERTIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Pertumbuhan dan perkembangan biasanya di definisikan secara terpisah. Karena yang satu terjadi setelah yang lain dan kalaupun terjadi secara simultan tetap saja ada tahapan-tahapan yang harus di lalui. Dalam ilmu Biologi, pertumbuhan dan perkembangan di definiskan sebagai berikut:

  • Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran, volume dan massa yang bersifat irreversible(tidak dapat balik) karena adanya pembesaran sel dan pertambahan jumlah sel akibat adanya proses pembelahan sel. Pertumbuhan dapat dinyatakan secara kuantitatif karena pertumbuhan dapat diketahui dengan cara melihat perubahan yang terjadi pada makhluk hidup yang bersangkutan. Contohnya adalah pertumbuhan pada tumbuhan dapat di lihat dengan adanya perubahan tinggi babatang, menghitung jumlah daun, jumlah bunga, dll.
  • Perkembangan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan tatpi dapat di amati dengan mata telanjang. Proses perkembangang dapat di lihat dengan terbentuknya organ-organ perkembangbiakan seperti munculnya bunga pada tumbuhan yang kemudian di ikuti oleh buah atau umbi, dll.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hasil interaksi antara faktor-faktor dalam dan luar. Faktor dalam (faktor internal) meliputi sifat genetik tersebut yang diperoleh secara turun menurun, yang berupa gen dan hormon. Faktor luar (faktor eksternal) meliputi faktor lingkungan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang perubahan biologis pada makluk hidup dapat di lihat pada tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.


Blog, Updated at: Thursday, August 22, 2013

1 comments:

Hamzah Wds said...

artikelnya sangat bermanfaat gan. makasih semoga sukses selalu ^_^