Organisme Autotrof adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Organisme Autotrof. Organisme Autotrof adalah makhluk hidup yang mampu membuat makanan sendiri dengan mengubah bahan anorganik menjadi  bahan organik. Contoh organisme autotrof adalah tumbuhan dan beberapa jenis bakteri. Proses pembuatan makanan oleh organisme autotrof di sebut sintesis. Dalam proses mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik, organisme tersebut membutuhkan energi. Energi yang di gunakan dapat berasal dari cahaya matahari dan dapat juga dari energi kimia hasil metabolisme tubuh. Berdasarkan jenis energi yang di gunakan saat sintesis makanan, organisme autotrof terbagi menjadi 2, yaitu:

Jenis-jenis Organisme Autotrof

1. Organisme Fotoautotrof

Organisme Fotoautotrof adalah organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik dengan bantuan sinar matahari dan sejenisnya. Contoh organisme fotoautotrof adalah tumbuhan hijau. Proses pembuatan makanan dengan bantuan sinar matahari oleh tumbuhan hijau di sebut fotosintesis. Selain tumbuhan hijau, sejenis bakteri juga ada yang merupakan organisme fotoautotrof hanya saja prosesnya di lakukan secara anaerob sehingga tidak dapat menghasilkan oksigen.

2. Organisme Kemoautotrof

Organisme Kemoautotrof adalah organisme yang dapat membuat makanan sendiri dengan memanfaatkan energi kimia dari hasil reaksi oksidasi molekul. Contoh organisme Kemoautotrof adalah bakteri. Pada proses reaksi oksidasi molekul organik ini di butuhkan oksigen. Sedangkan senyawa organik yang  dapat di gunakan dalam proses kemoautotrof antara lain adalah besi, belerang, nitrogen. Bakteri Kemoautotrof di beri nama sesuai dengan molekul organik yang menjadi medianya, seperti bakteri belerang, bakteri besi, bakteri nitrogen, dll.

Tumbuhan hijau sebagai organisme Autotrof yang merupakan penghasil makanan biasanya menempati posisi paling dasar pada piramida makanan. Sebagai produsen, organisme autotrof merupakan kunci utama dari kelangsungan hidup semua organisme.

Comments
0 Comments

0 comments: