Loading...

Sindrome Restoran Cina adalah | Pengertian dan Definisi Sindrom Kompleks MSG

Pengertian dan Definisi Sindrom Restoran China. Sindrom restoran china atau Chinese Restaurant Syndrome (CRS) adalah sebutan sejenis penyakit alergi yang timbul setelah terlalu banyak mengkonsumsi  MSG atau Monosodium Gulitamat atau vetsin. Istilah Sindrome restoran china (CRS) muncul pada tahun 1968, ketika seorang dokter, Robert Ho (Ho Man Kwok) melaporkan gejala yang dialaminya setelah menyantap makanan di restoran Cina dan mencatatkan pengalamannya tersebut ke dalam The New England Journal of Medicine. Pada saat itu, Robert Ho menduga gejala yang dialaminya adalah karena Ajinomoto MSG konsumsi MSG yang berlebihan. Padahal seperti kita ketahui, masakan di Restoran China itu bumbu-bumbunya kompleks. Dari penambahan alkohol, Wine, garam-garam penyedap serta MSG. Tidak ada penlitian lebih lanjut tentang efek bahan-bahan tersebut terhadap sindrome restoran china dan sejak awal sudah di putuskan bahwa MSG adalah penyebab utamanya.

Tuduhan bahwa MSG adalah faktor utama penyebab sindrom restoran china, tentu saja di bantah oleh perusahaan-perusahaan penghasil MSG seperti Ajinomoto. Yang secara resmi melalui situs resminya menyatakan bahwa MSG  dalam makanan tidak menimbulkan gejala reaksi sindrome restoran china. Tentu saja pernyataan pihak Ajinomoto ini di dukung oleh hasil penelitian yang relevan menurut pihak yang terkait. Sehingga konsumen tidak perlu risau dalam menkonsumsi penyedap rasa ternama ini.

Berdasarkan polemik diatas,  Federation of American Societies for Experimental Biology(FASEB) yang dibentuk pada tahun 1995 atas nama United States Food and Drug Administration (FDA) menyimpulkan bahwa MSG aman bila "dikonsumsi pada tingkat yang sesuai". Dan kalaupun ada beberapa orang panelis yang mengalami reaksi CRS, setelah di beri MSG dengan dosis 3 g tanpa makanan, pihak terkait belum menetapkan kalau MSG adalah menyebab Sindrom restoran China yang kemudian di ganti isilahnya menjadi sindrom kompleks MSG.

Pergantian nama dari Sindom restoran cina menjadi sindrom kompleks MSG adalah upaya untuk membersihkan restoran china dari tuduhan yang kurang terbukti ini. Karena nama CRS cenderung terdengar mendiskreditkan restoran China sebagai sumber alergi. Padahal, bukan retorannya tapi makanannya. Dan tidak semua restoran china memasak makanan dengan pola yang sama. Generalisasi inilah yang kemudian di tolak oleh para pemilik restoran China sehingga akhirnya gejala Sindrom Restoran China di ganti menjadi sindrom kompleks MSG.

Untuk mengetahui gejala sindrom restoran china silah baca di SINI


Blog, Updated at: 9:02:00 AM
Comments
2 Comments

2 comments:

lawang-informasi.blogspot.com said...

aku pernah denger katanya MSG itu bisa menyuburkan segala mcam penyakit :( jadi serem pengen konsumsi , padahal gak ada MSG makanan rasanya hambar ...

Iis Lestari said...

Itu jika berlebihan... klu secukupnya saja.. saya rasa tidak ada masalah..

Download APP KAMUSQ.com