Penelitian Kualitatif adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan Definisi Penelitian Kualitatif. Penelitian Kualitatif adalah suatu penelitian yang berpola investigasi dimana data-data dan pernyataan di peroleh dari hasil interaksi langsung antara peneliti, objek yang diteliti dan orang-orang yang ada di tempat penelitian. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Contoh penelitian Kualitatif adalah study kasus pada bidang ilmu sosial dan ilmu-ilmu lain seperti ilmu psikologi, kedokteran, dll.

Pada penelitian kualitatif, teori hanya di gunakan sebagai pedoman agar penelitian tidak melenceng dari fakta di lapangan. Landasan teori pada penelitian kualitatif juga berfungsi sebagai latar belakang penelitian dan bahan pembahasan. Dlam melakukan penelitian kualtatif, peneliti melakukan penelitian atas dasar data-data yang dimilikinya dengan memanfaatkan teori sebagai bahan acuan dan berakhir dengan di temukannya suatu ‘Teori’. Teori yang dihasilkan merupakan hasil akhir dari segala kesimpulan yang di ambil berdasarkan data-data dan pernyataan-peryataan yang di peroleh selama masa penelitian.

Dalam artikelnya, Ricki Puspito menyebutkan bahwa pada penelitian kualitatif, penelitian dilakukan pada objek yang bersifat alamiah, yaitu objek yang berkembang apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak begitu mempengaruhi dinamika pada objek tersebut. Instrumen penting dalam penelitian kualitatif adalah para peneliti itu sendiri (humane instrument). Untuk dapat menjadi instrumen maka peneliti harus memiliki bekal teori dan wawasan yang luas, sehingga mampu bertanya, menganalisis, dan mengkonstruksi situasi sosial yang diteliti menjadi lebih jelas dan bermakna.

Penelitian kualitatif melibatkan banyak sekali informan yang menjadi objek penelitian. Para informantersebut biasanya di pilih secara acak dengan kriteria tertentu dan akan di minta untuk menjawab pertayaan umun yang di ajukan oleh para peneliti. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bermanfaat untuk:

  • untuk mengidentifikasi dan menentukan suatu persepsi,
  • untuk mengetahui pendapat tentang suatu gagasan, dan
  • menentukan derajat kesamaan kesepakatan antar peserta

Metode penelitian kualitatif  atau dualitatif research disebut juga metode penelitian naturalistic (naturalistic research). Disebut demikian karena penelitianini dilakukan dalam kondisi yang alamiah (natural setting) dan data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif.

Menurut Nana Syaodih, penelitian kualitatif (Qualitative research) merupakan penelitian yang bertolak dari filsafat konstruktivisme yang memiliki asumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif dan suatu pertukaran pengalaman sosial (a shared social eperience) yang hanya bisa diinterpretasikan oleh individu-individu tertentu.  Individu yang berperan dalam penelitian kualitatif memiliki hak yang menjadi kode etik penelitian kualitatif. Yaitu bahwa identitas informan serta informasi-informasi yang disampaikan menjadi sesuatu yang berharga dan perlu pertanggung jawaban yang tinggi. Untuk menjaga kode etik, biasanya sebelum dilakukan observasi, di buat kesepakatan tertulis dalam  bentuk formulir kesepakatan (consent form) antara peneliti dan informan.


Blog, Updated at: Sunday, June 23, 2013

0 comments: