Loading...

Jenis-jenis Hormon yang penting bagi tubuh

Macam-macam Hormon yang penting bagi tubuh. Dahulu Kamus Q pernah menuliskan tentang macam-macam kelenjar hormon pada manusia. Kini Kamusq.com ingin berbagi tentang jenis-jenis hormon yang penting bagi tubuh manusia. Seperti kita katahui hormon adalah suatu zat penting yang di bentuk oleh tubuh yang berfungsi untuk merangsang dan menggiatkan kerja alat-alat tubuh. Karena sangat pentingnya jika kelebihan atau kekurangan hormon tersebut dapat menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang. Berikut ini adalah jenis-jenis hormon yang penting bagi tubuh dan fungsinya.

Macam-macam Hormon dan fungsinya

Macam-macam hormon yang penting bagi tubuh antara lain adalah:

No

Nama Hormon

Fungsi

1 Melatonin berfungsi sebagai antioksidan dan mengontrol tidur
2 Serotonin berfungsi mengontrol mood, nafsu makan dan tidur
3 Tiroid berfungsi untuk peningkatan metabolisme basal dan mempengaruhi sintesis protein.
4 Adrenalin berfungsi untuk meningkatkan suplai oksigen dan glukosa ke otak dan otot (dengan meningkatkan denyut jantung), meningkatkan katalisis dari glikogen dalam hati, mencegah kerusakan lipid dalam sel lemak, serta menekan sistem kekebalan.
5 Dopamin berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, menghambat pelepasan prolaktin dan TRH dari hipofisis anterior.
6 Gastrin befungsi untuk sekresi asam lambung oleh sel parietal.
7 Hormon pertumbuhan (HGH) berfungsi merangsang pertumbuhan dan reproduksi sel, melepaskan faktor pertumbuhan 1 mirip insulin dari hati
8 Insulin berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dengan cara mengambil glukosa, glikogenesis dan glikolisis di hati dan otot dari darah.
9 Testosteron berfungsi sebagai hormon seks pria yang merangsang pematangan organ-organ seks pria, skrotum, pertumbuhan jenggot, pertumbuhan massa otot dan kekuatan, dan peningkatan kepadatan tulang.
10 Progesteron berfungsi menaikkan faktor pertumbuhan epidermal, mengurangi kejang dan rileks otot polos (memperluas saluran pernapasan dan mengatur lendir), anti-inflamasi, mengurangi kandung empedu, normalisasi darah dan mencegah pembekuan pembuluh darah.
11 Estrogen adalah hormon sex wanita yang berfungsi merangsang pertumbuhan organ sex sekunder, mengatur siklus menstruasi, dan masih banyak lagi. Lengkapnya lihat di SINI


Blog, Updated at: 8:50:00 AM
Comments
0 Comments

0 comments:

Download APP KAMUSQ.com