Gen Dominan adalah | Pengertian dan Definisi

Pengertian dan definisi Gen Dominan. Gen Dominan adalah gen yang kuat yang dapat menutupi atau mengalahkan sifat yang di bawah oleh gen alela nya yang normal ataupun yang resesif. Gen dominan akan tetap dominan dan akan menunjukkan sifat yang dibawahnya jika perpasangan dengan gen normal. Gen dominan di simbolkan dengan huruf besar. Kelainan genetik yang disebabkan oleh gen dominan tidak ada istilah karier yang adalah adalah istilah lethal. Pada kasus tertentu gen dominan yang homozigot akan bersifat lethal.

Contoh Gen Dominan yang bersifat gen letal adalah kasus penyakit Thallasemia. Thalassemia merupakan kelainan genetika dimana tubuh tidak mampu menghasilkan hemoglobin secara normal. Thalassemia disebabkan oleh gen dominan Th, sedangkan alelnya yaitu th menentukan sifat normal. Penderita thalassemia mempunyai genotip ThTh (thalassemia mayor) atau Thth (thalassemia minor). Penderita Thalassemia Mayor yaitu penderita Thalassemia dengan genotif domina ThTh biasanya bersifat lethal karena pada penderita Thalassemia mayor, hemoglobin sama sekali tidak dapat di produksi oleh tubuh. Sehingga sebagian besar penderita thalassemia mayor rentan meninggal di usia mudah.

Seorang wanita penderita thalassemia akan mempunyai genotif XThXTh (T. Mayor bersifat lethal)) atau XThXth (T.minor). Sedangkan seorang pria  penderita thallasemia akan mempunyai genotif XThYTh (T. Mayor bersifat lethal) atau XThYth (T.minor) atau XthYTh (T.minor). Seorang Pria  dan Wanita normal akan mempunyai genotig XthXth dan XthYth. Pewarisan sifat turunan pada penderita Thalassemia dapat di lihat seperti penjelasan berikut ini.

A) Wanita thallasemia (XThXth)  >< Pria Normal (XthYth), atau sebaliknya akan menghasilkan keturunan (1:1) adalah:

  • Anak lelaki dan anak perempuan thalassemia minor
  • Anak lelaki dan anak perempuan normal

B) Wanita thalassemia (XThXth) >< Pria thalassemia (XThYth), kemungkinan akan memperoleh keturunan (1:2:1) adalah:

  • Anak wanita thalassemia mayor
  • Anak lelaki dan anak perempuan Thalassemia minor
  • Anak lelaki Normal

C Wanita thalassemia (XThXth) >< Pria thalassemia (XthYTh), kemungkinan akan memperoleh keturunan (1:2:1) adalah:

  • Anak wanita normal
  • Anak lelaki dan anak perempuan thalassemia minor
  • Anak lelaki thalasmia mayor

Kelainan genetik dominan yang menyebabkan penyakit thalassemia ini tidak dapat di sembuhkan tetapi bisa diselamatkan dengan menjalani perawatan transfusi darah secara teratur. Memang akan menelan banyak biaya, tapi hidup memang butuh pengorbana.


Blog, Updated at: Tuesday, June 11, 2013

1 comments:

inasub said...

artikelnya sangat mantap nih.... thanks udah berbagi...