Pelapukan adalah | Pengertian dan definisi Weathering

Pengertian dan definisi Pelapukan. Pelapukan adalah perusakan kulit bumi yang disebabkan karena adanya proses fisik, kimia dan biologis. Perusakan yang terjadi berupa proses alterasi dan fragsinasi batuan dan material tanah yang berupa gumpalan dan bongkahan menjadi butiran yang lebih kecil. Pelapukan merupakan salah satu proses pembentukan  relief bumi oleh Tenaga Eksogen. Pelapukan merupakan asal dari terbentuknya batuan sedimen dan tanah. Jenis batuan asal yang mengalami pelapukan sedikit banyak akan berpengaruh pada komposisi tanah dan batuan sedimen yang terbentuk. Secara umum ada tiga jenis pelapukan, yaitu:

Macam-macam Pelapukan

1. Pelapukan Mekanis / pelapukan fisis

Pelapukan mekanis / fisis adalah pelapukan yang terjadi karena pengaruh cuaca seperti Pelapukan biologissuhu, curah hujan, kelembaban, dll. Proses pelapukan fisi ini menyebabkan batuan mengalami perubahan bentuk secara fisik tanpa mengalami perubahan kimiawi. Yang menjadi penyebab pelapukan mekanis antara lain adalah:

  • Pemuaian dan penyusutan, proses ini terjadi karena adanya perbedaan suhu yang sangat besar antara siang dan malam atau karena hujan di siang hari yang terjadi di daerah gurun. Proses pelapukan karena hal ini biasanya terjadi di daerah tropis dan subtropis.
  • Pembekuan air dalam bantuan, biasanya terjadi di daerah yang mempunyai 4 musim. Pada musim panas dan hujan, air akan masuk kedalam pori-pori batu. Dan di musim dingin air tersebut akan menjadi es. Karena volume es lebih besar dari air, maka batuan akan menjadi retak dan pecah.

2. Pelapukan Kimiawi/ pelapukan Khemis

Pelapukan kimiawi adalah pelapukan yang terjadi akibat adanya peristiwa kimia dan bahan-bahan yang mengandung unsur kimia. Umumnya pelapukan kimiawi ini terjadi karena air hujan. Seperti kita ketahui air hujan selain mengandung H2O juga mengandung CO2 dari udara ( Siklus air / Daur Hidrologi). hasil reaksi antara air dan karbon dioksida tersebut akan menghasilkan asam yang akan menyebabkan pelarutan batuan terutama batuan kapur atau karst. Hasil pelapukan kimia pada daerah batuan kapur akan menghasilkan fenomena alam yang disebut dengan gejala karst. Untuk mengetahui macam-macam gejala karst silah baca di Macam-macam Gejala Karst

3. Pelapukan Biologis / Pelapukan Organis

Pelapukan biologis adalah pelapukan yang terjadi karena adanya aktivitas oranganisme atau makhluk hidup. Baik karena aktivitas manusia, binatang, ataupun tumbuhan. Aktivitas manusia seperti penambangan batu kapur, pemecahan batu akan mempercepat proses pelapukan. Begitu juga aktivitas hewan yang membuat sarang di batu karang atau batu padas, serta akar tumbuhan yang menembus bebatuan. Semua merupakan aktivitas makhluk hidup yang menyebabkan pelapukan. Karena itu pelapukan biologis di sebut juga pelapukan organis.

Comments
0 Comments

0 comments: