Lord Baden Powell | Bapak Pramuka sedunia

Lord Baden Powell adalah bapak pramuka sedunia. Lord Baden Powell di kenal dunia sebagai pendiri organisasi kepanduan sedunia yang dikenal dengan istilah Scout. Lord Baden powell mempunyai nama lengkap Robert Stephenson Smith Baden Powell. Lord Baden Powell lahir di London pada tanggal 22 Februari 1857. Dia adalah anak kelima dari 8 bersaudara. Ayahnya seorang dosen pada Oxford University, sedangkan ibunya adalah putri seorang Admiral Angkatan Laut Inggris.

Sejak kecil Lord Baden Powell dikenal sebagai anak yang selalu gembira, hemat, cermat dan tangkas. Setelah menamatkan sekolah padaCharterhouse, ia meneruskan pendidikannya pada sekolah militer. Setelah lulus sekolah militer, Lord Baden Powell dikirim keIndia sebagai perwira muda. Setelah menyelesaikan masa tugasnya di India, Lord Baden Powellditugaskan ke Afrika Selatan sebagai Letnan Jendral Pasukan Berkuda.

Pada tahun 1907, setelah kembali dari Afrika Selatan, Lord Baden Powell mengumpulkan 20 anak laki-laki dan mengajak mereka berkemah dan melakukan kegiatan rekreatif yang kreatif. Dari hasil kegiatan itu LordBaden Powell menyimpulkan bahwa kegiatan seperti itu:

  • memupuk rasa persaudaraan, setia kawan, suka menolong; menghargai orang lain, menciptakan rasa persatuan;
  • menambah pengalaman dan pengetahuan, ketrampilan dan ketangkasan;
  • menggugah rasa cinta pada alam sekitarnya.

Berdasarkan pengalamannya itu, Lord Baden Powell kemudian menulis sebuah buku yang berjudul “Scouting for Boys” yang kemudian menjadi buku pedoman gerakan pramuka sedunia. Pada tanggal 6 Agustus 1920 di Jambore kepanduan sedunia yang pertama kali di adakan di London dan diikuti oleh 27 negara. Dan Lord baden Powell diangkat sebagai pandu sedunia (Chief of the World Scout). Pada tahun yang sama, 1020 dibentuklah Dewan Internasional Kepanduan yang mempunyai 9 anggota dan berkantor pusat di London.  Kemudian dewan internasional kepanduan itu berganti nama menjadi Biro Kepanduan Sedunia ( World Scout Buereau) dan saat ini mempunyai kantor pusat di Jenewa, Swiss.


Blog, Updated at: Monday, May 20, 2013

0 comments: